Kamis, 03 November 2011

MIXTAPE VOL 3 (MY GUITAR HEROES)

Ini adalah mixtape ke 3 saya dalam rangka belajar membuat mixtape dan kearsipan,sebagai sebuah rangkaian pendokumentasian saya atas musik yang saya suka.

Mencoba menyuguhkan list gitaris favorite saya sepanjang masa. Dan sebelumnya, yang ingin saya tulis disini adalah jika mixtape ini bersifat personal dalam artian perspective saya sendiri. Jadi jika nantinya list yang ada di mixtape ini tidak sesuai dengan ekspektasi akan seorang ‘guitar hero’ yang ideal, maka ya saya ingin tegaskan jika list ini hanya dari sudut pandang saya saja dan tidak mutlak. Karena setiap orangnya kan punya taste sendiri2 atas musik apa yang mereka dengar dan siapa2 saja musisi yang mereka anggap bisa mereprentasikan dirinya melalui musisi yang ia sukai, dalam hal ini gitaris yang dia suka. Lagipula mixtape ini juga bukan bertujuan untuk mendebatkan siapa2 saja yang pantas menjadi seorang guitar ‘ hero’. Tapi lebih kepada saya yang ingin bercerita tentang para gitaris yang saya suka, dimana permainan2 gitar mereka itu saya suka dan menginspirasi saya secara personal. (senyum)

Dan inilah list dari beberapa ‘guitar hero’ itu

1. Kurt cobain (Nirvana)

Pernah menjadi cibiran di kalangan guitar hero 80-90an awal karena permainan gitarnya yang kasar, berisik, dan sekilas terlihat ngasal sekali. Tapi ya itulah ciri khas dia. Si Bengal yang urakan yang memainkan riff gitar kasar yang mematahkan era ‘guitar hero’ yang menuntut permainan gitar yang apik, teoristik, skillfull, juga speed yang gimanaaa gitu. Gitar usang dengan balutan suara parau yang ia teriakan adalah awal dari era baru dari rock. Dimana ia membawa suatu konsep rock yang ia tawarkan itu begitu kasar, berisik, ngasal namun ‘passion’-nya sangat terasa dalam setiap lagu yang ia mainkan.
Itulah rock menurut dia, yang kemudian lebih di kenal dengan nama ‘Grunge’. Dan Intro dari lagu Nirvana “Smell like teen spirit” itu seperti menjadi anthem atas generasi musik rock yang menganut ‘skill is dead lets rockin’.

2. Thomas Matthew Delonge (Blink 182)

Sosok gitaris pertama yang saya kagumi, ketika saya mulai mengenal musik punk ala blink 182 waktu SMP. Hampir semua lagu blink 182 di album chesire cat, enema of states, dan take off your pants and jacket itu adalah merupakan materi saya untuk belajar maen gitar, dan sosok tom inilah orang dibalik semua lagu-lagu itu. Dia dan beberapa lick gitarnya berperan penting untuk saya belajar maen gitar dan punk. Terakhir saya juga suka dengan sound gitar dia di Angel n Airwaves. Terdengar sangat modern sekali dan sedikit bernuansa futuristik.

3. Jonny Greenwood (Radiohead)

Seorang gitaris kontemporer yang super catchy yang pernah ada di muka bumi (sedikit berlebihan ya). Tapi ya menurut saya kenyataanya memang seperti itu. Caranya main gitar, mengeksplor sound, atau ketika ia menampilkan lick gitar yang terkesan ‘out of book’, juga passionnya bersama gitarnya itu,(oh iya Ada yang tau kenapa jonny menambahkan logo Honda di gitarnya? ) yang dia mainkan dengan sangat kereeen. Bahkan saya pernah lihat dia di video-nya ‘radiohead live from basement’, itu dia Cuma nginjek pedal efek gitar aja udah keren. Ga tau kenapa bisa kaya gitu. Gemeees banget pengen nampar dia, trus bilang “ jonny are you a God”?. Hahaha.

4. Tohpati

Kalau ini adalah seorang solois gitar local yang saya kagumi juga. Permainan gitarnya yang kalem agaknya merupakan pereprentasian dari dirinya sendiri yang memang kalem. Saya suka dengan permainan gitarnya. Terasa teduh, syahdu, dan selalu nyaman dalam setiap melodi yang dimainkannya. Say suk sek (saya suka sekali. Anto arief mode on)

5. Dewa budjana (Gigi)

Hampir sama seperti tohpati, sosok gitaris satu ini juga sangat khas dengan gaya ‘cool’ nya. Namun kadang ia bisa juga terdengar sangat ngerock dengan band gigi nya itu. Tapi ya tetep aja gaya nya mah diem. hehe.
Selain bermain gitar bersama gigi, dia juga aktif menulis buku, beberapa album solo, dan juga proyekan bersama teman2 sesama gitaris. Salah satunya dengan tohpati. Ia membentuk trisum bersama tohpati dan balawan. Dan satu lagi yang menarik dari dewa budjana adalah. Jika di perhatiin lagi oleh kita, semua gitar yang dia punya itu bagus dan punya nilai seni tinggi. Ada diantaranya yang di ukir, di lukis, atau dibentuk menjadi gitar yang berseni (mungkin karena dia orang bali ya?. Bali kan terkenal dengan senimannya). Jadi ga Cuma soal sound aja. Tapi tampilan visual gitarnya juga bagus. Sangat bagus malah.

6. Graham Coxon (Blur)

Apa yang pertama terlintas ketika pertama kali lihat Graham coxon?. Pasti sebagian orang setuju jika sepintas ya memang dia terlihat culun, apalagi dengan kacamatanya yang super tebel itu. Hhe. Tapi coba dengarkan intro gitar blur di lagu ‘song 2’. Persepsi itu dengan sendirinya pasti akan luntur, seiringan dengan sound kasar, dan noise yang ampun-ampunan di sepanjang lagu itu. Atau ketika ia memainkan interlude gitar di lagu ‘ coffe and tv’. Ngasal sekali melodi gitarnya. Cuma terdengar beberapa kali ‘fedback’ saja. Tapi ya begitulah dia. mendobrak typical lagu2 brithpop yang biasanya terdengar mengalun lembut, namun di tangannya berubah menjadi sesuatu yang agak ‘ngasal’, kasar dan mentah, namun catchy. Dan ya itu nice menurut saya. Say suk sek (saya suka sekali)

7. Jimi Hendrix

Sosok gitaris jenius yang pernah ada. Dia memainkan blues, funk, sampai psikadelik rock. Bisa-bisanya dia bermain gitar sambil bernyanyi. Yang kedua-duanya di kombinasikan dengan sempurna. Baik suara dia dan suara gitarnya. Namun yang paling saya suka dari dia adalah, sound gitarnya yang terdengar renyah sekali jika di dengar. Saya seperti sedang menikmati biskuit ketika sedang mendengar dia dalam setiap permainan gitarnya (tapi biskuit yang enak ya. Perbandingan yang agak aneh sebenarnya : gitar dan biskuit, tapi ya sudahlah jangan protes :P). Ya maksudnya adalah, saya menikmati setiap nada demi nada yang dia mainkan pada gitarnya, seperti ketika saya makan biskuit (menikmati setiap gigitan per gigitan, dan ya biskuit itu renyah kan). Gitu loh maksudnya. Intinya dia hebat lah. Say suk sek aw (saya suka sekali aw aw)

8. John mayer

Saya bingung menamai dia apa. Gitaris yang bernyanyi, atau penyanyi yang bergitar. Soalnya dua-duanya juga bagus (suara dan permainan gitarnya). Sama seperti jimi Hendrix tadi, john mayer juga bisa mengkombinasikan suara vocal yang bagus dan suara gitar/permainan gitar yang bagus juga, namun dalam versi yang lebih kece dan sexy. Tapi mungkin memang begitu ya. Seorang gitaris yang bagus itu adalah seorang yang bisa memainkan gitarnya sesuai dengan esensi dari dirinya sendiri. Yang menurut saya john mayer itu adalah seorang penyanyi dengan suara yang sexy, di tambah (anehnya) melodi gitar yang dia mainkan juga terdengar sexy. Ah sayang saya bukan gay, jadi ga bisa memasukan dia dalam daftar cowok sexy versi saya (kebayang ga kalo di kamar cowok ada selembar kertas daftar cowok sexy menurut dia. aneh kan?). Hahaha. Jadi ya saya cukup mengaguminya lewat permainan gitar dan suaranya saja (tidak sampai membuatkan daftar cowok sexy menurut saya dalam kamar saya :p)

9. Joe satriani

Diantara beberapa ‘guitar hero’ yang lain seperti yngwie malmstein atau steve vay. Joe satriani adalah yang paling saya suka. Gitarnya terdengar melodius dan dalam sekali. Seperti dalam lagunya yang berjudul ‘cryin’, itu anehnya saya bisa merasakan jika melodi gitar yang dia mainkan itu seperti sedang berbicara tentang sesuatu yang menyedihkan (si melodi gitarnya itu seperti sedang ngobrol dengan saya tentang sesuatu yang menyedihkan). Sebuah penjiwaan yang dalam dari seorang joe satriani dan kombinasi yang pas antara dia dan gitar yang dia mainkan. Dan mungkin itu sebabnya ia pantas disebut sebagai seorang ‘guitar hero’. Sangat sedikit sekali gitaris yang seperti itu. Bisa menjiwai permainan gitarnya sampai se dalam itu. Tapi ada juga sih gitaris local yang bisa bikin saya nangis. Contohnya Dodhi ‘kangen band’. Denger dia main gitar itu bisa bikin saya nangis. Kenapa gitaris kaya gitu bisa masuk industri. Hahaha. Peace buat kangen lover.

10. Eross Chandra (Sheila on 7)

Satu lagi gitaris band local yang saya suka selain dewa budjana tadi. Dia adalah Eross Chandra. Gitaris sekaligus songwriter dari band bernama Sheila on 7. Sebenarnya alasan saya suka sheila on 7 adalah ya karena gitarisnya eross. Dia bisa bermain blues dengan sound yang kasar dan ngerock (terutama di 2 album awal Sheila on 7, soalnya sekarang dia udah agak kurang ngerock). Dan ya say suk sek wit (saya suka sekali witwiw). Satu-satunya kurangnya eross itu adalah potongan rambutnya yang ‘sooo yesterday’ dengan model belah tengahnya itu. Hahaha.

11. Tom Morello (Rage against the machine/Audioslave)

Another gitaris oldskull yang saya suka. Mengingatkan saya pada jaman ketika saya menyukai hip metal dulu. Dibanding dengan gitaris hip metal lainnya seperti wes Borland (Limp bizkit) dan brad delson (Linkin park). Agaknya tom morello ini adalah yang paling punya esensi lebih. Karena selain sebagai pionner dalam musik hip metal itu sendiri, tom morello bisa memainkan/mengkombinasikan riff gitar metal, funk, dan balutan hip hop (yang disering peragakan lewat permainan gitarnya yang menirukan suara turntable) dengan sempurna. Terlebih memang lagu-lagunya bagus dan bandnya juga bagus.

Jadi sekali lagi saya harus menirukan mas anto , jika kesemua gitaris yang saya sebutkan itu say suk sek ow aw ah (saya suka sekali ow aw ah ah ah terus sayang : maaf salah fokus. :p). Dan saluut untuk semua gitaris yang saya sebutkan tadi. Udah cukup ya soal ‘guitar hero’ versi saya.

12. Sir Dandy

Oh masih ada satu lagi ternyata list ‘guitar hero’-nya. Dia adalah sir dandy. Seorang yang sebenarnya bukan gitaris, tapi seorang vocalis dari sebuah band keren local bernama ‘teenage death star’. Namun baru-baru ini dia membuat album solo pertamanya yang bertajuk lesson #1. Dimana di dalam album itu dia bermain gitar dan bernyanyi. Simak lagunya yang berjudul ‘Gibson atau Epiphone’. Disana dia bercerita tentang keinginan dia untuk beli gitar lagi sebagai tambahan koleksi gitarnya. Sebuah lagu paling kocak sepanjang tahun 2011 ini yang saya dengar. Hahaha. ‘Totally damn sick’.
Damn you sir !!!

Ya begitulah kira-kira. Kurang dan lebihnya saya minta maaf. Karena kesempurnaan adalah milik Radiohead dan kekurangan adalah milik kita (saya)

LIST MIXTAPE VOL 3 (MY GUITAR HEROES)

1 komentar:

  1. wah, ane suka bagian terakhirnya..
    pake kalimat yg jadi mitos di dunia musik..
    "Kesempurnaan adalah milik Radiohead.." wkwkwk

    BalasHapus