Rabu, 04 April 2012

7 Intro Gitar Paling Berpengaruh Di Dekade 90an

Artikel pertama saya untuk gigsplay.com


7 intro gitar paling berpengaruh di dekade 90an

Ada kalanya sebuah intro gitar yang mengawali sebuah lagu bisa menandai sebuah era atau masa ke-emasan suatu band yang sangat berpengaruh di jamannya. Dan berikut ini adalah intro-intro gitar yang pastinya stuck in my head dan mewakili spirit dari jaman yang dibawanya

1 Gun’s n roses – Sweet child o mind

Intro gitar ini adalah penghabisan dari eranya glam rock kala itu, atau hmm mungkin ya, ga tau juga, saya kurang suka glam rock sih. Tapi yang pasti di akui atau tidak intro gitar di lagu ini sangat ear catchy sekali. Dan kala itu, jaman saya SMP , ketika awal-awal belajar gitar, intro lagu ini adalah sebuah nilai prestisius dari siapapun yang sedang belajar main gitar. Intinya sih seorang yang bermain gitar tidaklah disebut hebat jika tidak bisa memainkan lagu ini. Nilai sebuah gengsi di lagu ini gede banget. Sampai-sampai saya menghabiskan sebulan lebih untuk belajar intro gitar di lagu ini. Namun  ketika saya mulai  bisa memainkannya, ternyata jaman sudah berubah ke grunge dengan begitu cepatnya. Dan sia-sialah perjuangan saya belajar intro gitar di lagu ini. Mendadak semua teman saya menjadi anti “guitar hero” dan mulai menganut skill is dead let’s rockin bersama grunge dan kurt cobain.

2. Nirvana – Smeels like teen spirit

Ini dia nih yang tadi saya omongin, trio Bengal yang urakan yang mematahkan era-nya “guitar hero”. Dan frontman band ini ‘Kurt cobain’ memutar balikan pandangan orang tentang seorang gitaris yang hebat itu haruslah dengan semua skill gitar yang ngejelimetnya itu, dengan arpeggio lah, dengan nada-nada harmonis lah, major minor yang bener, atau apapun lah saya juga ga ngerti. Era-nya nirvana bener2 menjungjung tinggi kebebasan berkespresi lewat musik. Dan sesunguhnya kan ekspresi lewat musik itu milik siapa saja, dan bukan hanya milik seorang yang skill gitarnya bak dewa itu. Adanya grunge pun saya pikir berawal dari kejenuhan para pendengar musik (khususnya rock) yang mulai bosan dengan parade para gitar hero yang seakan membuat jarak antara dia dan pendengarnya dengan skill bermain gitar yang terpaut jauh itu. Makanya ada revolusi jika dengan skill gitar yang terbatas pun semua orang bisa berkespresi dengan musik. Tapi dengan passion dan attitude yag baik tentunya.

3. The cure – Friday I’m in love

Sebuah intro gitar paling catchy yang pernah ada di dunia ini (berlebihan? :p). intronya sangat mewakili isi dari lagunya yang memang menceritakan sebuah perasan yang sedang berbunga-bunga karean jatuh cinta. The cure memang selalu saja bisa menyajikan intro yang catchy dan stuck in my head. Dari mulai Friday I’m in love, boys don’t cry, sampai letter to ellise. Semuanya bisa di pastikan bakalan ear catchy dan semua orang bisa memainkannya. It’s mean mungkin itu cara the cure mendekatkan diri dengan fansnya. Dengan gitar yang simple tapi catchy itu semua fansnya bisa membawakan lagu-lagu the cure dan sing along bareng. Hhmm sebuah cara sederhana yang jenius. SALUUT.!!

4. Blur – Song 2

Intro gitarnya biasa banget..!! ets tunggu dulu. Graham coxon bukanlah seorang gitaris yang biasa-biasa saja. Dia seorang yang “out of the book” yang mampu menerjemahkan tema lagu yang dia wakili lewat raungan gitarnya yang.. yang..? entahlah terserah dia saja. Yang jelas intro di lagu ini bisa sangat sangat mewakili spirit lagu yang di bawakannya. Dari mulai intro, interlude-nya, sampai video klip-nya semua terasa bergandeng beriringan memberitahukan kepada dunia jika ada band inggris yang bisa urakan seperti ini. Dan it’s so rooock menurut saya. Gaya cupu dari setiap personilnya ternyata hanyalah kamuflase belaka dari jiwa urakan mereka yang sebenernya. GEEKS IS A ROCKSTAR..!!,mmm mungkin.

5. Radiohead – Creep

Band ini sempet di sebut-sebut sebagai harapan terakhir genre rock kala itu. Mereka hadir menyuguhkan rock yang lebih suram, lirik yang terdiskreditkan oleh pandangan sebelah mata, dan sound rock yang berbeda. Walaupun di lagu ini sih Radiohead masih sedikit terpengaruh dengan sound grunge dari NIrvana dan band grunge lainnya kala itu. Mungkin karena memang mereka hadir diantara banyaknya band grunge yang mendominasi di pertengahan 90an itu. Namun di lagu ini radiohead cukup bisa berbicara banyak dengan musiknya yang membuat mereka di perhitungkan di industri musik dunia. Creep adalah sebuah lagu yang mengantarkan radiohead menjadi salah satu band paling berpengaruh dan cukup banyak menginspirasi musisi dunia dengan musiknya. Ini  terbukti dengan banyaknya studio musik rentalan di rumah saya yang selalu menjadikan lagu creep ini sebagai menu utama dalam latihan mereka bermain musik. Dengan intronya yang simple, line bass dan drum yang khas banget itu, maka terpilihlah lagu creep sebagai lagu paling favorite untuk di bawakan anak muda  90an kala itu. Ya meskipun radiohead sekarang sudah jauh berbeda setelah era-nya Creep dulu. tapi  ya radiohead tetaplah radiohead. Sebuah band yang tidak bisa di tebak ketika mereka hendak membuat album musik yang selalu saja ada yang baru dari mereka.

6. The cranberries – Zombie

Fakta lucu dari lagu ini adalah ketika lagu ini sempet di sebut-sebut sebagai lagu wajib para penganut aliran menyimpang atau sekte. Lagu yang sebenarnya saya juga ga tau menceritakan apa, tapi yang jelas bass line yang mengawali intro lagu ini begitu melekat di sepanjang perjalanan saya belajar bermain gitar. Selain Creep-nya radiohead, lagu ini pun menjadi menu andalan anak muda kala itu yang bermain musik. Terus  biasanya jika vocalisnya cewek pasti suaranya selalu di mirip-miripin sama Dolores sang vocalis The cranberries itu. Dan yang pastinya banyakn ngecengin sih. Termasuk saya yang kala itu suka banget sama karakter suara Dolores itu.

7. Pure Saturday – Kosong

Nah setelah dari tadi kita ngomongin band luar negeri terus. Sekarang kita bicara tentang sebuah band local favorite saya sepanjang masa yang menamakan dirinya ‘Pure Saturday’. Sebuah band’indie’ dari bandung yang mengawalai era bermusik dengan INDIE/DIY (do it yourself). Band ini sukses mendobrak mainstreme dengan semua pergerakan bawah tanahnya. Iramanya ngepop sih tapi spiritnya nge-punk. Intro di lagu ini mengawali dari sebuah era ketika bermusik dengan attitude, dengan sebuah sikap pintar menyikapi dominasi industri yang mungkin kurang memberikan ruang untuk para pelakunya (musisi)  untuk bisa berkarya. Pure Saturday seakan menjadi trigger untuk band setelahnya, yang kemudian banyak melahirkan industri kreatif yang mulai bergeliat dengan semangat DIY-nya. It’s mean band ini adalah sebuah sejarah dan legenda hidup yang pastinya merupakan sebuah aset yang berharga untuk sejarah musik Indonesia.

Itu sedikit saja tentang..? hhmm apa ya? Tentang sebuah sejarah kecil lah bisa dibilang. Sebuah spirit bermusik yang di wakili cukup dari sebuah intro gitarnya saja. Yang dimana setiap intro itu bisa sangat mewakili genre atau apa yang coba sebuah band tawarkan. Dengan Gun’s n roses yang glam rock, Nirvana yang brutal, Blur yang semrawutan, dan terakhir Pure Saturday  yang  bermusik dengan sebuah sikap pintar dan DIY-nya. Semua nama band yang tadi saya sebutkan di atas adalah alasan kenapa saya bermusik. Dengan spirit yang mereka hadirkan, dengan sesuatu yang mereka bawa, mereka tidak hanya bermusik menurut saya. Tapi juga menulis sejarah dengan raungan gitarnya, dengan ketukan drum-nya, dan dengan lirik yang mereka nyanyikan.
List ini suatu hari akan saya ceritakan juga kepada anak saya kelak. jika di dekade 90an, mereka-mereka inilah yang mempengaruhi saya secara musikalitas dan personal. Sebenarnya masih banyak banget sih band keren yang hadir di tahun 90an kala itu. Cuma ya yang paling berpengaruh sih ya mereka- mereka ini.

lengkapnya silahkan baca disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar