Minggu, 19 Juni 2022

BICARA

Belakangan ini di blog jadi cukup sering buat ceritain kalau saya ini tidak terlalu suka dan kurang pintar bicara karena pemalu dan minderan. Ada alasan kuat kenapa akhirnya saya menulis, ya karena tidak suka bicara. Menulis jadi cara berkomunikasi paling nyaman buat saya. Tanya istri saya, dari mulai pacaran sampai sekarang sudah menikah dan punya anak sangat jarang sekali saya telponan dengan istri saya, karena saya lebih suka chatting.

Anehnya, beberapa tahun belakangan saya kerap diminta untuk bicara. Dari mulai bicara untuk sebuah seminar penulisan artikel, berbicara untuk program-program di kantor (waktu itu jadi pembicara untuk program DCDC Shout Out), bicara untuk siaran, bicara untuk nge-brief talent dalam sebuah event (beberapa kali saya bertugas jad show-com yang harus bisa mengkomunikasikan konsep acara pada host), sampai beberapa kali saya diminta berbicara sebagai narasumber. Seperti misalnya ketika saya diminta menjelaskan tentang produk donat buatan istri saya di bawah ini.

   

Udah mah itu produk istri saya, lalu yang dibahas soal fotografi makanan, yang mana saya juga kurang paham soal fotografi. Tapi ya balik lagi, saya diminta berbicara. Yasudah bicara saja. 

Tidak hanya di kantor, di luar itu juga saya beberapa kali diminta buat siaran, seperti salah satunya oleh si Ican Minggulibur Podcast. Ga tau kenapa ya tren podcast ini kemudian menyeret saya juga buat jadi pelakunya. Selain tentunya di kantor orangnya sedikit hingga terpaksa saya yang dipilih buat siaran di DCDC D'Podcast, di luar kantor juga jadi ikut ikutan meminta saya buat bicara jadi penyiar. Co-host sih lebih tepatnya, karena sebenarnya saya lebih suka dan sering menimpali penyiar utamanya. Pasti banyak ngaconya tentu saja, tapi ya balik lagi, saya diminta berbicara. Yasudah bicara saja. 


 
Ada juga ketika saya diminta menjadi narasumber untuk menjelaskan tentang dunia jurnalistik. Wah mengaku jurnalis saja saya sungkan, apalagi diminta untuk menjelaskan. Tapi saya diminta untuk bicara, ya sudah bicara saja.

Ya semoga saja apa yang saya bicarakan bisa berguna. Kalau tidak, sebaiknya tidak usah didengarkan. Semoga ada begitu banyak hal baik yang bisa dibicarakan hehehe. 

Much love


Tidak ada komentar:

Posting Komentar