Jumat, 15 September 2017

YOUR GUITAR SUCKS

Jika kejauhan bisa berartian terlau jauh, maka apakah kedekatan berarti telalu dekat? Keindahan? Terlalu indah? Ketuhanan? Terlalu tuhan? Menjadikan ini sebagai barisan kata yang “berantakan”, dan mematahkan struktur berbahasa yang telah diatur dalam kamus besar bahasa Indonesia. Tapi kata adalah tergantung yang memaknainya. Tidak berarti hitam adalah hitam, gelap adalah gelap. Pun begitu dengan estetika/keindahan yang bisa dibentuk oleh sudut pandang siapapun yang menilainya.

Menginterpretasikan tentang hal yang “berantakan” tadi dengan bunyi dan keindahan. Ketika nama lain dari bunyi dan keindahan adalah musik, maka musik adalah keteraturan bunyi ketika nada, irama, dan ritmis bersatu dalam harmoni yang selaras. Tapi apakah ketika mendengarkan bunyi-bunyian bising distorsi, dalam permainan gitar yang seperti tak beraturan, nilai estetikanya masih ada?

Kalau kamu mati duluan, coba tanya Kurt Cobain tentang hal itu. Mungkin dia akan tertawa terpingkal-pingkal “disana”, tentang sebuah pertanyaan yang menurutnya lelucon, dengan semua pergerakan “skill is dead let’s rockin” nya . Jadi sudahlah jangan mati dulu, dan urungkan saja niat bertanya pada Kurt Cobain tentang hal itu. Karena seni itu abstrak dan tergantung siapa yang memaknainya, jadi tak ada pakem yang menyepakati tentang bagaimana seharusnya bermain gitar. Karena seperti apa kata Radiohead jika “anyone can play guitar”.

Kumpulan lagu berikut ini adalah yang berhasil memporak-porandakan pendengaran, yang tidak terbiasa dengan bunyi gitar dan distorsi “busuk” dari sebuah lagu. Menjadikan list ini sebuah pesta dari deretan band dengan gitaris berbahaya yang menghajar estetika dengan permainan gitarnya yang “menyebalkan”.

Menyebalkan karena, “kok dia bisa kepikiran mainin gitarnya kaya gitu ya?”, menyebalkan karena “nih kaya yang gampang gini lagunya, tapi pas ngulik gitarnya kok susah ya?”, menyebalkan karena “aaah f**k, suka banget sama sound gitar kaya gini”. Sialan emang. Your Guitar  Sucks!! Tapi ya, bagimu gitarmu, bagiku gitarku.


Klik judul lagu untuk tahu seberapa bising mereka bermain gitar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar