Sabtu, 17 Januari 2015

KETIKA MENGINGAT BU NURING DAN ANALOGINYA

Tiba-tiba inget bu Nuring, guru Wawasan Seni saya waktu saya masih sekolah di SMK dulu. Saya ingat suatu hari saya pernah berpapasan dengan beliau di taman sekolah saya. Ga tau dari mana awalnya, bu Nuring nyuruh saya lihat bunga di sekitaran taman.

“wenk, menurut kamu bunga itu bagus ga?”, kata bu nuring sambil menunjuk setangkai bunga.

“bagus bu, kenapa emang?”.

“kamu tau ga yang bikin bunga itu keliatan bagus itu karena apa?”

“ya karena emang bunga udah tercipta dari sananya bagus bu”

“Ah kamu standar banget jawabnya. Yang bikin bunga disana itu keliatan bagus karena kamu lihatnya dari sini, dengan jarak yang pas. Coba kamu lihat dengan jarak yang sangat dekat”. Lalu bu Nuring memetik bunga itu dan menaruhnya persis di depan mata saya dengan jarak yang sangat dekat.

“kamu masih bisa lihat keindahan bunga ini ga?”

“jadi ga jelas bu, saya malah pusing lihatnya”.

“apa kan kata ibu bilang”

“hehe iya bu”.

“kamu punya pacar?”

“hehe punya bu”

“cantik ga pacar kamu?”

“cantik dong bu. Kalo jelek saya ga bakalan mau”

“kamu udah kenal lama sama pacar kamu? udah seberapa dekat kalian pacaran?”

“ga terlalu lama sih bu. Baru dan masih lucu-lucunya. Hehe”

“anggap pacar kamu itu kaya bunga tadi. Kamu bisa suka sama dia karena kamu belum lihat dengan dekat siapa dan bagaimana dia. Dengan jarak hubungan yang baru sebentar itu kamu bakal berpikir kalo pacar kamu itu cantik, baik, dan semua puja puji lah buat dia. Tapi nanti kalau kalian udah deket banget dan hubungannya juga udah lama, apa masih bisa kamu dengan pikiran yang sama?”

ga ngerti bu ah”

“kamu harus jaga jarak, biar keindahan pacarmu itu tetep terjaga”

“jaga jarak?”

“keindahan pacar kamu itu bisa tetap terjaga kalau kamu lihat dia dengan jarak yang pas, sama kaya waktu kamu lihat bunga tadi. Kalau hubungan kamu dengan pacar kamu ada di jarak yang terlalu dekat, reaksi kamu akan sama ketika kamu lihat bunga yang terlalu dekat tadi. Keindahannya akan menjadi samar di mata kamu. Kecuali keindahan yang kamu lihat sebelumnya masih bisa kamu simpan”

“maksudnya bu?”

“Gini. Kamu lihat pacar kamu itu dengan semua kelebihan yang dia punya, makanya wajar kalo kamu bilang dia cantik dan sebagainya. Tapi kalau ternyata kamu akhirnya tau pacar kamu itu kaya gimana -dalam artian yang kamu ga suka- setelah kamu kenal dekat dengan dia, apa kamu masih bisa berpikir jika dia cantik?”

“agak ilfil sih sebenarnya bu”

“ya makanya ibu bilang tadi. Pilihannya ada dua, kamu akan menjauh karena tau jeleknya pacar kamu, atau kamu tetap bersama dia karena walaupun kamu tau kejelekannya, tapi keindahan yang dia punya sudah kamu simpan baik-baik di pikiran kamu. Jadi meskipun dilihat dengan jarak dekat dan kenyataannya ga seindah yang kamu lihat pertama kali, kamu tetap bertahan sama dia”.

“ini ibu ngomongin jerawat pacar saya ya bu?”

*bu Nuring pasang muka lempeng dan berlalu dengan muka kaya gini -_- *

Tapi kejadian bertahun-tahun lalu itu baru terpikir lagi sekarang oleh saya, ketika saya mikir lagi jika ternyata saya ini gampang suka sama orang. Meskipun orang itu baru saya kenal, tapi kalau saya lihat dia menarik biasanya saya gampang bisa suka. Dan karena hal itulah yang akhirnya membuat hubungan pacaran saya -biasanya- ga bertahan lama.

Mungkin mestinya perasaan suka itu lahir karena terbiasa dan ada saling membutuhkan satu sama lain. Ga bisa instan karena dinilai menarik trus bisa suka dan tembak aja itu ga pake aba-aba. Prosesnya harus senatural mungkin. Nih apa sih senatural mungkin. Skip - next -

Jadi apa ya? Biasanya nyadar kalo orang itu bukan yang dicari itu pas ditengah-tengah hubungan. Kadang saya bisa kompromi dengan kenyataan pasangan saya gimana dan -meminjam istilah bu Nuring- masih bisa nyimpan keindahan analogi bunga tadi. Tapi sialnya ketika saya bisa kompromi, pasangan saya nya yang ga bisa kompromi, dan nyadar ternyata saya ga baik-baik amat atau ga cakep-cakep amat juga ternyata, walaupun saya udah ngaku ganteng kaya Adam Levine. Akhir ceritanya seperti apa ya udahan aja gitu.

Trus saya ketemu lagi dengan orang baru dan siklusnya gitu terus, sampai akhirnya saya ingat obrolan saya dengan bu Nuring waktu itu. Cape juga sih nyari terus. Ada yang begitu udah ketemu orang yang pas banget dengan yang saya mau, tapi ga berani ngomong dan nyimpen perasaan sampe bertahun-tahun. Ada yang akhirnya saya beraniin buat ngomong, tapi malah gantung. Pokoknya cape lah. Padahal disatu sisi saya juga mesti mikirin kerjaan biar bisa kaya raya punya uang berjuta juta, dan ga fokus di masalah ginian aja. Saya kan perlu mikirin masalah gituan juga. Halah.

Intinya apa ya? Ga ada intinya sebenarnya, selain saya yang curhat dengan nulis di blog karena ga bisa tidur ini. Jadi pengen nyanyi lagu Ahmad Dhani “Tuhan kirimkanlah aku kekasih yang baik hati, yang mencintai aku apa adanyaaaaaa....”

Pasangan ideal buat saya mah sebenarnya simple lah, asal dia mau sama saya. Mau nerima kenyataan kalo lawakan saya ini selalu garing, mau nerima kalo saya ini selalu saja kikuk dan sering salah ngomong, mau nerima kalo saya ini jarang mandi, mau nerima kalo saya ini melankolis, mau nerima kalo saya ini pelupa dan suka susah ngapalin alamat jalan, mau nerima kalo saya ini moody, mau nerima kalo saya ini nyebelin, dan jika saja dia mau nerima semua itu, saya juga akan nerima dia seperti dia nerima saya.

Sebagai tambahan biar imbang, dan saya juga ga ngejatuhin diri sendiri mulu, kelebihan-kelebihan saya itu banyak juga kok, antara lain........................ antara lain..................
Tik tok tik tok............antara lain............ apa ya? Pokoknya ada deh. Kenalan aja dulu #kode

Oh iya, terpujilah wahai bu Nuring dengan semua analogi dan ilmunya yang bermanfaat, dan semoga Tuhan senantiasa memuliakan beliau seperti yang juga saya harapkan jika Tuhan memuliakan Ibu saya. Amin.

 ini bunga anggrek
ini bunga desa
ini kombinasi keduanya dari jarak sangat dekat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar