Minggu, 07 April 2024

RECAP KEGIATAN BULAN MARET 2024

Sebelum beranjak pada tulisan tentang lebaran (seperti yang  biasa saya tulis setiap tahunnya), agaknya bagus juga buat saya menulis rangkuman kegiatan setiap bulannya. Membiasakan untuk kembali menulis secara rutin lagi menjadi penting untuk saya, karena katanya ketika hendak menulis maka menulislah dengan tulisan yang jelek, karena tulisan bagus hanya bonus dari seringnya kita menulis. Karena itu, meski telat sekitar satu minggu, saya mau menulis tentang kegiatan saya selama bulan Maret lalu.

Masuk bulan Maret yang  juga bulan Ramadhan ini kegiatan ngantor terbilang tidak padat seperti biasanya, bahkan podcast pun yang biasanya sebulan 3 – 4 kali jadi tidak ada pada bulan ini. Lumayan gabut di kantor, sampai suatu ketika saya dikasih kerjaan buat ngedit video. Pertama kali saya diminta jadi editor video ketika teman saya Sugi mulai sibuk mengerjakan orderan desain produksi di kantor, dan karena kewalahan, Sugi yang semula bertugas jadi editor video kemudian meminta saya untuk membantu mengedit video podcast ITB Press Show. Ternyata ketika saya menjalani ‘profesi baru’ sebagai editor, surprisingly saya menikmatinya.

Dari mulai ngedit video podcast, sampai kemudian beranjak pada video-video liputan dan video konten untuk instagram ITB Press. Dari Adobe Premiere sampai Capcut saya jajal untuk sedikit ngulik soal editing video. Hasilnya masih sangat jauh dari bagus tentunya, tapi yang ingin saya tulis disini adalah tentang sebuah proses yang saya nikmati, seperti halnya dulu saya belajar nulis atau belajar main musik. Menulis dan bermusik menjadi dua hal yang saya sangat suka, dan mungkin sekarang bertambah satu, ngedit video.

Saya pikir, bagus atau jelek hasil editan video saya, rasanya penting bagi saya untuk menikmati proses saya belajar (apapun itu), hingga sampai hasilnya tercipta penting juga untuk menghargai sekecil apapun pencapain dalam hidup. Bisa ngedit video sederhana yang saya unggah di Youtube dan Instagram ITB Press itu tuh pencapaian buat saya hahaha. Ya, balik lagi, jika tadi dalam konteks menulis, maka dalam konteks ngedit video pun sama, ketika hendak mengedit video, maka mengedit lah dengan editan yang jelek, karena editan yang bagus hanya bonus dari seringnya kita mengedit hahaha. 

Liputan untuk acara "Ngabuburit Ngomongin Duit" di PUSKEB The Panasdalam

Terus, apalagi ya. Gak ada yang special juga kayaknya, selain menjalani ibadah pada bulan suci Ramadhan tahun ini, karena memang di kantor tidak sepadat itu juga kerjanya. Oh paling penyelenggaraan wisuda kedua ITB, di mana ITB Press ditunjuk sebagai fasilitator untuk pembelian dan penyewaan toga wisuda ITB dari S1 sampai S3. Itu lumayan hectic juga sih.

Persiapan pengiriman toga wisuda kedua ITB tahun ajaran 2023/2024

Selain itu, apalagi ya. Oh paling acara bukber bareng temen-temen SMA (SMK sih sebenrnya) yang meskipun dihadiri sangat sedikit orang, tapi lumayan berkesan lah karena intensitas ketemuan dengan mereka juga gak terlalu sering. Tidak tahu kenapa belakangan ini saya sering mikir kalau momen silaturahmi itu sangat penting, karena tidak ada yang lebih mengerikan dibanding kesepian tanpa teman. Apalagi menjelang kematian kita nanti. Karena sering memikirkan soal itu, belakangan jika ada info soal kumpul-kumpul sebisa mungkin saya menyempatkan diri buat datang. Padahal sebelumnya saya termasuk orang yang sangat MaGer buat keluar rumah. Cuma, ya itu tadi, saya takut mati dalam kesepian. Semoga sih bisa dapat banyak kesempatan buat silaturahmi dengan banyak teman, bisa membantu banyak orang, dan pastinya bisa berguna bagi banyak orang. Karena kan katanya sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya, hehehe. Semoga ada begitu banyak cinta yang bisa dibagikan. Big Love!

RM Legoh, 6 April 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar