Kamis, 10 Januari 2013

MY FIRST GUITAR SO CALLED 'ARISTONE'

Masuk SMP saya semakin tertarik dengan dunia musik. Mulai sering beli album musik (kaset), merchandise band sampai membeli poster band favorite dan menempelkannya di kamar saya. Namun ada satu yang mengganjal saya, yakni pada waktu itu saya masih belum bisa main alat musik, karena memang ga punya alat musik. Pengeen banget bisa punya alat musik buat dimainkan, ya minimal gitar kopong lah. Ngumpulin duit sekian lama ga pernah terkumpul cukup untuk beli gitar, karena biasanya selalu bingung antara ngumpulin duit buat beli gitar atau beli kaset.

Minta sama papa untuk membelikannya, wah itu ide bodoh. Karena dengan mantapnya ia bilang TIDAK!! Hingga pada suatu acara kumpul keluarga di rumah saudaranya papa, saya ketemu sepupu saya yang kebetulan mahir main gitar dan memang punya gitar. Namanya Bambang, namun saya biasa manggil dia abang. Dan saya utarakanlah niat saya untuk belajar main gitar dengan dia. Dia menyambut dengan antusias keinginan saya itu, tapi ya papa mah tetep aja ngga. Saya sih bodo amat sama papa mau dukung atau ngga, yang jelas keinginan saya udah bulat mau belajar gitar sama abang.

Hari itu seperti biasanya saya pergi ke sekolah. Dan kebetulan saya bersekolah yang dimana jam masuknya itu siang hari. Kebayang kan malesnya sekolah siang hari, udah mah panas, macet, ngantuk, dan berbagai alibi yang sangat masuk akal untuk tidak pergi ke sekolah dan bolos. Tujuan saya waktu pertama kali bolos dalam seumur hidup saya itu adalah bukan ke tempat main game kaya rentalan PS, ke mall, atau kemanaa gitu. Yang ada di pikiran saya waktu itu adalah saya ingin ke rumah abang buat belajar main gitar. Pasti dia ga akan tau kalo saya sedang bolos, karena saya bilang kalo saya baru pulang sekolah.

Sampailah saya di rumah abang dengan perasaan campur aduk, takut tiba-tiba Ua Nana (ayahnya abang) bilang ke papa kalo saya ada di rumahnya dan ga sekolah. Tapi ternyata Ua nana ga bilang, dan saya pun merasa tentram damai sentosa menjalani bolos pertama saya ini. Pandangan saya langsung tertuju kepada gitar dipojokan di rumah abang. Lalu saya ambil dan mainin dengan ngasal. Abang datang sambil ngomong “ mau belajar ngga? (Angga maksudnya). Iya bang, ajarin lah”, jawab saya. “boleh sok sini”, kata dia sambil memainkan gitarnya, lalu memainkan permainan gitar klasik nan merdu yang dihasilkan dia dan gitarnya.

“Susah ga bang mainin lagu kaya gitu?”, kata saya kemudian, trus dia jawab, “susah-susah gampang sih, tergantung rajin atau ngga nya belajar”. “Ya udah sini bang pinjem”. Dan ternyata eh ternyata main gitar itu ga segampang yang saya pikir. Tiap kali memencet senar dengan jari itu sakit banget. Ditambah dengan berbagai kunci yang beragam dari mulai kunci A sampai G. Alhasil butuh waktu setahun kurang dikit lah buat saya sampai bisa main gitar dan tau kunci dari A sampai G. Mungkin mestinya dari situ saya tau kalo saya memang ga berbakat jadi gitaris, sampai-sampai belajar gitu doang lamaaa banget.

Ya tapi hasrat mengalahkan segalanya, meskipun tidak ditunjang dengan kemampuan yang mumpuni, tapi keinginan saya sudah terlalu bulat untuk bisa bermain seperti Kurt cobain (Nirvana) ataupun bisa melahap habis permainan gitar Tom delonge-nya Blink 182 yang kala itu dua band tadi sangat mempengaruhi saya dalam bermusik. Keinginan saya main gitar juga karena Nirvana (dalam hal ini karena Kurt cobain) dan Blink 182 kala itu. Kenapa dua band itu sangat menginfluence saya dalam bermusik. Karena menurut saya dua band tadi mewakili jiwa rebel yang saya pikir sangat mewakili saya waktu itu. Ya maklum lah Abg labil kan mindset-nya apa yang terlihat atau terkesan ngasal, rebel, ngehe’ adalah sesuatu yang keren atau ya minimalnya dianggap keren lah.

Dengan dua band tadi, Nirvana dengan gitar berisik-nya, Blink 182 dengan semua hal tidak senonoh yang sering dicitrakan trio brengsek dari San Diego ini membuat saya jatuh cinta dengan mereka. Dan Hanson? itu band apa ya? The moffats? walah itu malah tambah ngga tau lagi. #nyengir #jaim #wenkysianakpunkantilagupop #sikap.

Mungkin semuanya berawal dari tetangga saya yang mengenalkan saya dengan musik Punk ala Greenday, Rancid dan Blink 182, ditambah dengan VCD konser Nirvana yang dikasihnya untuk saya, dimana di video itu berisikan tentang video-video Nirvana yang super brutal dengan aksi panggung ngancur-ngancurin gitar gitu . Wah makin cinta mati saya sama yang berbau punk dan grunge, dan banyak rilisan album band Punk dan grunge kala itu yang saya punya, yang dikemudian hari kira-kira 7 tahun berikutnya harus terelakan hilang terbawa banjir di rumah saya, dan hanya menyisakan album-album Blink 182 di 3 album awalnya saja.;(  hiks

Ok balik ke judul tentang Gitar pertama saya ‘Aristone’. Jadi ceritanya pengalaman bolos sekolah saya itu berimbas kurang baik untuk saya, karena setelahnya ada bolos-bolos lainnya yang ga terasa hal itu bisa sampai ke meja guru wali kelas saya waktu itu. Karena ternyata jumlah alpa saya sudah sangat banyak. Dan dikirimilah papa saya surat dari sekolah tentang kelakuan saya yang sering bolos sekolah itu. Dan diinterogasilah saya oleh beliau. Suasana menjadi mencekam. Lalu..tiba-tiba…tiba-tiba…
“KEMANA AJA SELAMA INI GA SEKOLAH?” *mata melotot hidung kembang kempis*.
Lalu saya jawab “BIASA AJA NANYA NYA..!!”
*mata melotot hidung kembang kempsi plus mimisan*.

Ga percaya? baguus, karena kejadiannya ga gitu. Saya jawab dengan penuh ketakutan yang teramat sangat, melebihi apapun yang saya takutkan. “hmmm eu eu eu di ru ru rumah abang pa”. jawab saya dengan mulut gemetar. “NGAPAIN DI RUMAH ABANG?”, masih marah dengan mata melotot dan hidung kembang kempis. “bbbb bbelajar gitar pa”, masih gemeter. “Belajar main gitar?” udah agak ga marah, dan malah sekarang papa diem sambil mikir kayaknya. “Jadi aa beneran pengen bisa main gitar?” Tanya dia kemudian. “ iya pa”, jawab saya singkat dan udah ga gemetar. “Ya udah nanti beli gitar, tapi jangan bolos lagi, trus belajar gitarnya juga di rumah aja, nanti sekalian beli sama buku gitarnya”.

SENEEENG BANGEEET, rasanya sama kaya… kaya…? kaya kalo kita lagi dimarahin trus tiba-tiba mau dibeliin gitar. Hmm ya kaya gitu rasanya.
*Semaleman ga bisa tidur ngebayangin nanti gitar pertama saya bakalan kaya gimana*

Besoknya berangkatlah saya, papa dan abang buat beli gitar. Kalo ga salah belinya di daerah Ciateul. Jadi disana itu merupakan sebuah studio musik yang dimana didalamnya banyak dijual juga gitar-gitar dari berbagai merck, yang dimana darimananya oleh karena bikos op ga tau gitar yang bagus tuh yang kaya gimana, saya sih iya iya aja, yang penting gitarnya bagus kalo diliat dari luar, kualitas mah percayakan sama abang.

Abang ngambil gitar yang bagus banget waktu itu, lalu diliatin sama saya, “Ga yang ini bagus nih, ada plug-in nya juga”, kata dia. “Oh iya bagus bang”, jawab saya sambil ngomong di dalam hati plug-in teh apa ya?. Tapi kemudian papa punya pilihan lain, ia menyodorkan gitar pilihannya sama saya. “Yang ini aja nih”, kata papa kepada si pemilik toko, seolah gitar pilihanya itu sudah deal yang itu, tanpa nanya saya lebih dulu. “mana liat pa”, kata saya. A..RIS..TONE Aristone. “Ini merck gitarnya Aristone pak?”, Tanya saya kepada si pemilik toko. “oh iya ini Aristone”, jawab dia. “ kaya baru denger merck gitar Aristone, Arista kali”, kata saya dalam hati yang ternyata kedengeran si pemilik toko. #heran
*di dalam pikiran si pemilik toko itu* mungkin ya saya ga tau juga, tapi kayaknya sih iya. “wah ini anak gue kibulin aja deh, kayaknya masih bloon banget soal gitar”
“Oh iya jadi ini tuh memang Arista Cuma signature series-nya Rolling Stone jadi namanya Aristone”. Kalo inget lagi sekarang sekarang sih saya selalu pengen bilang iya aja dah baaang biar lu seneng.

Dan dengan berbagai macam pertimbangan dan dominasi papa akhirnya gitar Aristone itu dibeli juga, dengan alasan paling masuk akal, ITU GITAR YANG PALING MURAH. Ah papaaa :( (pasang emot sedih). Tapi ya seperti apa kata Ryan D’masiv, “sukuriii apa yang adaaa, gitar adalah anugraaaah”, iya deh iyaaa.. :(
Pertama gitar saya itu sungguh jelek tiada tara, kedua mercknya juga abal-abal, ketiga itu bukan fender sang gitar impian saya kala itu, sekarang dan nanti. Tapi tapi tapi kecintaan saya sama gitar Aristone itu jangan ditanya. Cintaaaa banget sebanget bangetnya melebihi apapun yang saya cintai. Tiap hari barengan gitar itu terus, kemana-mana bareng gitar, tidur sama gitar, cuma makan aja yang ga sama gitar, tapi sama nasi. Garing?? emang. ok skip……..

Selingan…
senam cantik dulu, sambil mikir mau nulis apa lagi. 1…2…3....4…5…6…7…8…

Lewat gitar itu pula akhirnya saya berhasil membuat lagu sendiri yang saya kasih judul “bintang”. Dari awal saya emang susah banget buat ngulik lagu orang. Tiap kali mau ngulik lagu orang pake gitar selalu gagal, ujung-ujungnya malah bikin lagu sendiri dan keasikan sendiri. Kecuali kalo emang lagi niat banget pengen ngulik lagu, baru deh agak lumayan bisa, tapi itupun ga sama persis a.k.a tetep aja jatohnya beda. Sudahlah tiap orang punya kelebihan dan kekhasan masing-masing. #ngeles #alibi #skillisdead

#nowplaying Radiohead – Anyone can play guitar

Saya bersama gitar saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar