Selasa, 06 Januari 2015

KLASIK : KALAU JODOH GA KEMANA

Klasik. Kenalan, punya interest yang sama, ngobrol tanpa jeda, dan ngerasa banyak banget persamaan diantara keduanya. Lalu mulai ngerasa nyaman dan jadian. Siklus yang akan ditemui dihampir semua orang yang akhirnya berpasangan. Kecuali dalam cerita FTV yang selalu diawali dengan ribut kecil perihal ketabrak bajaj sampai rebutan cenderamata ketika berlibur di Bali atau Jogja misalnya.

Dalam cerita yang saya alami, perkenalan itu lebih sederhana tanpa harus ada adegan nabrak atau rebutan cenderamata tadi. Biasanya diawali dengan lingkaran pertemanan yang sama, “eh kamu temennya si anu kan ya? Suka indiepop juga? wets keren”. Lalu kemudian ada pertemuan, pendekatan, dan kemudian ada pernyataan (nembak). Masa-masa dimana semua obrolan terasa nyambung dan ada dirotasi yang sama seperti apapun itu, sekecil apapun itu. Dari sana mulai muncul ekspektasi kalo dia yang dicari selama ini.

Ketika dijalanin muncul beberapa perbedaan, adu argumen, dan hal klasik perihal idealnya berpacaran, meliputi kewajiban memberi kabar sampai mengingatkan makan. Sampai akhirnya merasa bosan dan melakukan kesalahan, seperti ketika adu argumen panjang yang menguras hati dan pikiran. Dibuat sesederhana mungkin dan selalu tak semudah itu. Menyatukan dua kepala selalu saja tak mudah, yang melahirkan perdebatan si pemikir dan si perasa, si ga mau ambil pusing dan si yang selalu ambil pusing. Ketika bilang “iya aku ngaku salah, aku minta maaf”, dan tidak akan semudah itu karena “kamu ga bisa seenaknya minta maaf, semuanya udah terlambat, aku jadi ragu sama kamu”. Lalu "Dor" semua hal menyenangkan yang dilewati hilang begitu saja. Seperti peribahasa klasik yang berbunyi “karena nila setitik rusak susu sebelahnya?”. Seolah sebuah kesalahan adalah sesuatu yang “haram”. Padahal jika harus ada pembelaan yang tak kalah klasik kan “manusia itu tempatnya salah dan dosa”. Yang sekeras apapun ketika ingin menghindarinya tidak akan pernah bisa. Tapi ya itu, cinta mah ga bisa pake logika, even pacar kamu itu suka pelajaran matematika. Akhirnya ya terima ajalah kalo pengen udahan.

Pernah ada di situasi ingin mertahanin hubungan dan begitu keras ga mau udahan, karena takut ga akan nemu lagi seseorang yang dinilai “ini nih yang aku cari selama ini”. Segala cara dilakukan dan hasilnya nihil. Hikmahnya adalah ketika pada akhirnya saya jadi orang yang ga ngototan dan “nrimo” aja. Kalo bukan jodohnya mah sekeras apapun usaha pengen balikan ga akan bisa, tapi kalo udah jodoh jalannya akan ada aja. Lagi-lagi klasik. Seperti halnya pesan-pesan pak Mario yang gitu-gitu aja dan kita semua udah tahu tanpa harus ditegaskan dengan penambahan “salam super”.

Sama kaya cerita teman saya yang akhirnya menikah dan berbahagia. Jaman ketika mereka masih pacaran saya tahu gimana mereka ngejalaninnya, karena saya teman keduanya. Mereka melewati masa pacaran yang ga mulus. Si cewek pernah diselingkuhin dan nyelingkuhin, si cowok pernah selingkuh dan diselingkuhin juga. Saya tahu semuanya karena keduanya cerita sama saya, dengan kalimat penutup yang sama “jangan bilang-bilang ya wenk”, lalu ketika mereka sadar mereka akan kembali cerita ke saya, dengan kalimat pembuka yang juga sama “gua nyesel wenk”. Terus aja gitu. Berantem, baikan, berantem lagi, baikan lagi, berantem lagi, lalu baikan lagi. Tapi karena udah jodoh ya akhirnya mereka bisa sampai nikah, punya anak, dan berbahagia. Doa yang terbaik untuk mereka. Amin.

Saya juga pernah kaya gitu. Jaman saya masih sekolah dan labil saya pernah selingkuh kaya temen saya tadi (anak SMA hasrat gampang bergelora. Halah). Karena itu kita (saya dan sang mantan) berantem.... dan sayangnya ga baikan lagi. Akhirnya udahan. Lain dengan cerita temen saya tadi, hubungan saya dan si pacar (yang sekarang sudah jadi mantan) tidak sampai balikan lagi, apalagi sampai menikah. Karena apa? Karena bukan jodoh. Klasik kan? Iya.

Semenjak kejadian itu saya sadar dan ga pernah selingkuh lagi seumur hidup. Sampai akhirnya saya punya pasangan lagi, malah saya yang diselingkuhin berkali-kali. Saya ga marah, karena anggap itu karma yang harus saya terima. Saya percaya karma karena itu cara Tuhan bekerja, dan saya percaya Tuhan, karena sekeras apapun saya menyangkal meniadakan nilai-nilai ketuhanan di hidup saya, akan ada banyak hal yang tidak bisa dijelaskan dengan logika, jika logika adalah Tuhan saya. Jadi saya ga punya bantahan soal itu. Saya maafin pasangan saya. Tapi tetep aja udahan. Kali ini dengan kesalahan saya yang lain, yang tidak ada hubungannya dengan selingkuh. Saya coba pertahanin, dan gagal. Karena apa? Karena bukan jodoh. Klasik kan? Iya.

Sampai akhirnya saya pun jadi males pacaran. Tapi ga taunya malah datang orang yang ganggu pikiran saya. Saya nyoba pacaran lagi, dan lagi-lagi gagal. Kesalahan-kesalahan saya selama pacaran selalu dia ingat, dan itu memberatkan kita buat jalanin hubungan. Saya ga bisa jalanin hubungan yang selama pacaran dia selalu aja bahas kesalahan saya terus menerus. Beban buat dia karena susah lupa tentang kesalahan saya, beban juga buat saya karena dihantui rasa bersalah terus. Tapi saya coba pertahanin, namun gagal juga. Karena apa? Karena bukan jodoh. Klasik kan? Iya.

Lama-lama jadi beneran males dengan kalimat penutup karena bukan jodoh. Padahal kriteria soal jodoh udah saya turunin secara drastis. Dari yang dulunya harus mirip Zooey Deschanel (tsaah), punya sense of art, sampai hal sedetil terlihat nerd dan harus berkacamata sudah saya buang jauh-jauh. Yang penting ga ribet dan pengertian. Itu aja udah sangat lebih dari cukup. Tapi ya itu, ketika berhadapan dengan sebuah kesalahan yang saya buat biasanya mereka susah buat maafin atau memakluminya, seolah saya adalah manusia paling berdosa dan selalu ada aja kesalahannya. Padahal saya bisa maafin dan bisa maklumin mereka, karena saya ingin mertahanin hubungan. Kenapa ingin mertahanin hubungan? Karena cape kalo harus nyari terus. Saya bisa kompromi dengan suatu hubungan dan tidak lagi mencari sosok ideal, karena akan lebih menguras hati dan pikiran lagi. Lagian sesuatu yang ideal itu kan gimana cara pandang aja. Jadi walaupun ada kurang-kurangnya ya dilihat dari sudut pandang yang baik aja. Aduh ga nyangka saya bisa bilang gini. hehehe

Jadi inget omongannya Otong Koil pas dia ditanya tipe cewek ideal menurut dia. Trus dia jawab “apapun ttg idealisme itu tida ada dlm hal wanita, sebaeknya u pake aja apa yg ada. cantik jelek baek jahat terima ajah. sebagusbagusnya wanita tetep aja mama u yg paling dari segalanya, walopun ternyata mama u nyusahin juga setidaknya u punya kewajipan untuk selalu berbakti sama ortu” (sengaja ngga diedit biar feel Mr Otko nya kerasa :p ). Lengkapnya bisa baca disini. Kebayang kan si Docto, Holy, Ghost bilang kaya gitu. Dan ternyata bener. Buat saya ibu itu adalah manusia terbaik yang pernah hadir di muka bumi. Ga kaya mantan-mantan saya yang susah banget buat maafin kesalahan-kesalahan saya, ibu selalu ada nerima anaknya segimanapun brengseknya saya. Padahal ibu pernah dibuat malu dengan semua kenakalan, perbuatan dan omongan saya yang bikin dia sakit hati.. Tapi sampai detik ini dia masih ada di samping saya, dengerin saya tiap saya curhat “mah udahan lagi”. Dan dia selalu berhasil menenangkan saya.

Diumur yang sekarang ini, perihal jodoh sepintas udah mirip lomba aja karena dikejar waktu dan umur yang menuntut segera menikah. Ketika banyak teman saya yang telah menikah dan berbahagia, saya selalu aja gagal di hubungan saya. Padalah dibilang pemilih ngga juga, dibilang ga usaha ngga juga. Saya mencurahkan waktu, hati, dan pikiran saya perihal mencari pasangan ini. ............... tapi yagitu aja paling. Mau dibahas lebih panjang lagi juga ujungnya akan selalu ada di satu kesimpulan klasik “kalo jodoh ga lari kemana”. Kemana yaaaa? Ke hatikuuuu.

Ngomong-ngomong soal jodoh, mari kita sambiiit Anang & Ashanty dengan lagu "Jodohku". Salam-salam buat anak-anak CPI yang lagi pada ngumpul di pos ronda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar