Senin, 16 Januari 2023

SETENGAH DEKADE DI ATAP PROMOTION

Nulis di blog lagi nih. Itu artinya kalo udah curhat di blog gini ada yang lagi dipikirin. Curhat lewat tulisan gini biasanya bisa bikin perasaan jadi lebih baik. Yaaa, selain dengerin lagu sedih biar merasa agak baikan kalau kata Paul McCartney. Tapi sekarang ngga lagi sedih juga sebenernya. Cuma memang lagi ada yang dipikirin aja, terutama soal keputusan buat resign dari kantor. Ngomongin kantor sih kayaknya betah ngga betah ya, standar lah itu mah namanya juga kerja, kadang mood nya bisa naik turun, kadang semangat, kadang bosen, kadang rajin, kadang males, standar lah. Tapi keputusan buat resign sebenernya bukan karena bosen, males atau udah ngga betah. Ada beberapa hal yang kayaknya cukup personal dan penting yang bisa dijadikan alasan kuat kenapa akhirnya saya memutuskan resign. Ngga gampang memang. Lebih kurang lima tahun menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran di kantor tersebut, lalu sekarang harus memutuskan resign dari sana. Tapi ya, hidup mah pilihan sih ya hahaha, aseek.

Mulai dari mana ya ceritanya. Oh, dari awal ditawarin kerja aja kali ya. Ok jadi gini ceritanya....

Suatu hari saya buka instagram (setelah lama sekali ngga pernah buka instagram, karena bingung mau pamerin apa; status jomblo, ga punya uang, ga punya kerjaan, ga punya hal-hal membanggakan untuk dipamerin, karena katanya kan instagram platform buat pamer hahahaha). Nah, pas buka instagram itu ga tahu kenapa teman SMA saya (SMK sih sebenernya) si Jaka nge-DM nawarin kerjaan. Ini aneh banget tiba-tiba si Jaka DM, mengingat intensitas komunikasi kami mulai jarang setelah lulus sekolah dan sibuk dengan kegiatan masing-masing.

Sebelumnya kami sempat beberapa kali ketemu di sebuah event yang digagas oleh Atap Promotion. Kebetulan Jaka kerja disana. Ngga nyangka juga sebenarnya, Jaka yang sejauh saya kenal sebagai gitaris handal di sekolah tiba-tiba nyemplung di dunia event organizer (sebelumnya akhirnya saya tahu kerjaan dia disana masih berhubungan sama musik dan perintilannya). Kalau tidak salah ketika ketemu di event yang dibuat Atap itu kita ngobrol sebentar dan saling cerita kegiatan masing-masing, yang mana ketika itu saya memang lagi cukup sibuk kerja sebagai jurnalis di sebuah media online di Bandung. Nah, ternyata Jaka mengingat hal itu, sampai akhirnya beberapa bulan kemudian dia nge-DM menawari saya kerjaan sebagai penulis/jurnalis.

Ada satu kejadian lucu dan ga penting-penting amat, tapi kemudian menjadi memorable buat saya, hahaha. Jadi waktu itu saya datang ke acara DCDC Pengadilan Musik di kantin nasion The Panasdalam, dengan ‘terdakwa’ band Coklat. Nah pas disana saya ketemu Jaka dan melihat dia cukup akrab dengan vokalis Pure Saturday, Iyo, sampai saya pikir, wah keren juga si Jaka bisa akrab sama vokalis PS. Saya memang menggemari PS sejak zaman sekolah. Terus ketika melihat teman sekolah saya bisa kenal dan terlihat akrab dengan vokalis PS sih jadi satu hal yang surreal buat saya hahaha. Padahal setahu saya Jaka tidak tahu lagu-lagu PS, bahkan lagu “Kosong” yang jadi lagu sejuta umat itu pun dia ngga tahu. Tapi kenapa dia bisa kenal dan terlihat akrab dengan vokalis PS? Pikir saya waktu itu.

Singkat cerita, saya bikin lamaran ke Atap Promotion (saya kirim email ke Satria NB, tanpa saya sadar kalo Satria NB yang dimaksud adalah Iyo, vokalis PS). CV sederhana dan terkesan males-malesan karena menerima tawaran kerjaan dari Jaka pun sebenarnya ngga terlalu excited juga sih ya, biasa aja hahaha. Beberapa bulan tidak ada balasan, sampai akhirnya saya mendapat tawaran pekerjaan lain di sebuah percetakan di daerah Cimahi. Beberapa waktu kerja di percetakan itu dan harus saya akui tidak betah kerja disana, sampai akhirnya saya kembali menghubungi Jaka soal tawarannya kerja di kantor Atap. Ternyata ada kesalahan soal nama. Nah ini bodor sih. Jadi Jaka bilang ke pihak Atap kalau teman yang dia rekomendasikan buat kerja di Atap itu namanya Wenky, sedangkan di email saya memakai nama asli, Angga. Jadi pihak atap pikir Angga dan Wenky itu orang berbeda, dan Angga bukan teman si Jaka yang dia rekomendasikan itu. Setelah dijelaskan kalau Angga dan Wenky ini orang yang sama, tidak lama setelah itu saya dipanggil untuk wawancara di kantor Atap. Dan tebak, siapa yang kemudian wawancara saya di kantor? pasti mikir Iyo PS ya? salah. Tapi Sigit, Tia, Karin, dan Windy. Nah baru besok atau beberapa hari kemudian gitu, saya lupa, Iyo PS ini lah yang akhirnya wawancara saya. Ini jauh lebih surreal lagi sih dibanding ketika melihat Jaka dan Iyo ngobrol di acara DCDC Pengadilan Musik hahaha.

Saya pikir tadinya saya kerja sebagai jurnalis lepasan aja, seperti halnya yang saya lakukan di beberapa media online sebelumnya. Tapi ternyata saya keterima in-house alias kerja full time di kantor itu. Saya ingat itu bulan September 2017, karena bertepatan dengan hari ulang tahun ibu saya, dan tidak lama setelahnya saya ngelamar pasangan saya. Jadi ini lucu juga, setelah putus satu tahun lebih dengan pasangan saya, kita akhirnya ketemu lagi dan balikan. Karena niatnya mau serius jadi kita langsung memutuskan untuk menikah. Nah sebelum memutuskan tanggal pernikahan saya meminta waktu dulu untuk ngumpulin uang buat modal nikah, dan Qadarullah kemudian saya mendapat tawaran kerja dari Jaka (yang Alhamdulillah keterima kerja disana), dan PD aja gitu untuk ngelamar pasangan saya (yang sekarang Alhamdulillah udah jadi istri dan ibu buat anak anak saya, aseek). Jadi bulan September saya keterima kerja, dan bulan Desember 2017 saya menikah.

Awal-awal saya ngantor di Atap ketika itu masih beralamat di jalan Simfoni 63. Waktu itu saya kerap menginap di kantor karena tuntutan pekerjaan lumayan banyak. Masa itu saya kebagian menulis sebanyak 8 artikel setiap harinya. Lumayan berat, tapi ya dijalani saja dan berhasil terlewati sampai hari ini (sekarang jauh berkurang, di mana setiap harinya hanya dituntut menulis 2 artikel saja). 

Bidikan Yuda, ketika saya masih berkantor di jalan Simfoni 63

Jadi, kalau ngomongin Atap Promotion mah kayaknya bakalan personal dan ‘dalem’ banget buat saya. Saya kerja disana dari mulai bujangan, sampai akhirnya menikah dan sekarang sudah punya anak dua. Banyak banget pelajaran dan pengalaman yang saya dapat selama saya kerja disana. Tadinya saya pikir kerja disana itu hanya sebagai penulis, karena dari lamaran yang saya ajukan memang jadi penulis (atau lebih tepatnya jurnalis untuk media DCDC), tapi ternyata saya juga ditugaskan buat kerja sebagai fotografer, bertugas di ticketing, di bagian media, jadi produser acara radio, jadi admin sosmed, nulis script buat acara online/offline, jadi showcom, dan bahkan yang paling absurd ketika saya diminta menjadi host/penyiar bareng Alga The Panasdalam untuk program DCDC D’Podcast. Padahal ada alasan kuat kenapa akhirnya saya nulis. Salah satunya ya karena saya kurang pintar ngomong. Selalu panikan dan grogian setiap kali saya diminta ngomong, apalagi ini sebagai host yang disaksikan sekian banyak orang.

 

Tapi ternyata saya bisa menjalaninya dan terus unlock skill selama saya kerja di Atap. Memang belum bisa jadi yang terbaik untuk setiap kerjaan yang saya jalani, tapi setidaknya ilmu yang saya dapat sangat banyak selama kerja di Atap ini. Sampai akhirnya hari ini pun datang dan keputusan untuk resign dari Atap pun menjadi pilihan saya.

Saya ingat event pertama saya di atap itu jadi fotografer di acara SILABUD (Silaturahmi Budaya) bersama Coklat kita. Di event itu saya bertugas motoin orang-orang yang pengen foto bareng Budi Cilok. Nah hasilnya nanti langsung dicetak dan diberikan pada orang tersebut. Itu saya ingat waktu itu saya yang bertugas fotoin, terus yang nyetaknya si Ginting. Setelah itu beberapa waktu kemudian saya mendapat tugas di bagian ticketing untuk konser band Beside (kalo tidak salah acara ulang tahun Beside yang ke 20) di Bikasoga.

Seiring waktu berjalan saya kembali ditugaskan jadi fotografer lagi, di mana kali ini saya meliput di gelarannya Coklat Retro. Banyak anak motor disana, dan saya diharuskan bisa menangkap momen keriaan acara tersebut, bahkan saya memotret sembari ikut riding dengan rombongan. Satu hal yang kemudian kembali saya rasakan ketika saya kembali menjadi fotografer untuk gelaran Sehari Bersama Coklat Kita alias SBCK. Tugasnya agak lebih berat dibanding di acara-acara sebelumnya dan objek yang harus difoto pun lebih kompleks, dari mulai perlombaan, peresmian, kearifan lokal, sampai ramah tamah dengan perangkat desa. Itu sekitar dua minggu kalau tidak salah saya keliling berbagai kota di Jawa Barat.

Salah satu momen yang saya tangkap di gelaran SBCK (Kesenian Surak Ibra di desa Wanaraja, Garut)
Penampilan Anji, menutup gelaran SBCK di Purwakarta

Apalagi ya? oh iya, selama kerja di Atap saya juga sempat dua tahun bolak balik ke studio GTV di Kebon Jeruk, Jakarta bareng Tantri, Ikay, Arief, dan Teksas untuk bertugas di program DCDC Musikkita GTV. Itu juga pengalaman yang menyenangkan buat saya, ditambah kebagian satu tim dengan orang-orang ini. Orang-orang yang secara usia sebenarnya jauh di bawah saya, tapi ga tau kenapa kerja bareng mereka menyenangkan dan ada aja hal-hal kecil untuk ditertawakan. Selain itu, yang juga melekat di ingatan saya soal GTV ini adalah kantinnya yang biasa jadi andalan saya dan tim melepas rasa lapar. Dari mulai Soto susu, ikan cakalang si kokoh yang baik hati, sampai, oh iya ada satu lagi deng tempat makan pinggiran di luar studio GTV, warung nasi bang Ben. Kenapa warung nasi bang Ben? karena warung nasi ini sering banget muterin lagu-lagu Benyamin S. Sama paling satu lagi sih yang cukup saya ingat, studionya GTV itu dingin banget karena AC nya banyak banget dan gede gede, ada kali 20 lebih mah. Itu lumayan perpindahan cuaca extreme sih, antara udara yang dingin banget pas di studio, sama pas ngerokok di bawah itu panas banget.

   

Selebihnya sih kebanyakan saya ditugaskan buat nulis script. Untuk mengisi kekosongan panggung off air pada masa pandemi lalu, kantor saya jadi banyak memproduksi program-program virtual di mana saya terlibat sebagai penulis script di program-program tersebut.

 

Berpose bersama Sir Dandy saat menjadi bintang tamu untuk program DCDC Extra Tips

Saya ingat di ruangan tengah rumah ibu saya dulu saya sering melamun bisa ketemu dan wawancara banyak musisi yang saya suka, sampai akhirnya selama lima tahun ini saya banyak bertemu dan wawancara banyak musisi idola (dan bahkan akhirnya bisa berteman akrab dengan beberapa diantaranya). Dulu saya ingat saya harus menempuh perjalanan jauh dari Soreang sampai Sabuga, Dago Tea House, atau Maja House misalnya, hanya untuk menonton pertunjukan musisi/band band idola. Selama di Atap saya hanya tinggal ke lantai bawah untuk menonton mereka tampil. Ini cukup surreal sekaligus jadi salah satu yang saya syukuri di hidup saya.

Sekarang, saya kembali ke ruangan tengah rumah ibu saya, menuliskan memoar selama saya kerja di Atap. Masih banyak dan panjang sebenarnya, dari mulai masih berkantor di jalan simfoni 63 sampai pindah ke jalan Reog 57. Tapi mungkin itu akan saya simpan rapat saja di pikiran hehehe.  

Selepas saya resign tentu saja Atap akan semakin besar dan kuat, karena memang seharusnya seperti itu. Regenerasi pun menjadi penting dan memang akan seperti itu. Akan selalu ada orang baru di Atap dan membuat perusahaan ini akan jauh lebih baik.

Terima kasih buat Jaka yang sudah bawa saya ke Atap. Buat pak Ardi yang udah berhasil ngingetin saya sama alm papa saya karena gaya dan intonasi bicaranya yang sama, pelan dan kebapak-an hehehe, sama pak Gio yang banyak kasih saya kepercayaan dan kesempatan selama kerja di Atap. Ada beberapa momen cukup personal yang saya rasakan tentang pak Gio ini, seperti ketika saya jadi fotografer di gelaran SBCK. Itu pak Gio pernah minta hasil foto saya buat diunggah di sosial media. Terus saya bilang lumayanlah pak buat ukuran amatiran mah. Pak Gio jawab, bikin ini jadi tidak amatir. Kalimat itu lumayan nempel di saya sih, soal gimana harusnya kita nge-push diri kita dititik maksimal biar hasilnya juga bagus. Sama satu lagi sih pas saya dan pak Gio ke Jakarta buat acara press con nya Speaker First. Itu cukup memorable dan berkesan buat saya, dari mulai solat bareng sampai beberapa obrolan personal yang kalau di kantor kayaknya ngga mungkin ngomongin hal itu, karena udah deg-degan duluan ketemu beliau hahaha. 

Dua orang lain yang ingin saya ucapkan terima kasih juga ada pak Kimung dan pak Addy yang sudah jadi guru saya menulis selama di Atap. Pak Kim saya kagumi karena konsistensinya dalam menulis, sedangkan pak Addy saya kagumi karena pilihan diksi dan sudut pandangnya dalam menulis. Terus, ada juga Karin dan Koko yang jadi rekan menulis saya. Mereka berdua punya skill menulis yang lebih dari bagus sih buat saya. Momen menulis bareng mereka jadi satu keseruan tersendiri buat saya, apalagi kalau udah ada di momen 'saingan' siapa yang artikelnya paling bagus. Tentunya dalam artian yang positif ya, karena selalu ada dorongan di diri saya ingin menulis lebih bagus dari Karin dan Koko. Jadi pas mereka sudah tidak lagi jadi partner saya menulis saya kurang ke-trigger buat nulis bagus hahaha. Oh iya satu lagi sih yang saya ingat dari pak Addy dan Karin itu pas anak saya dirawat di rumah sakit, mereka berdua datang menjenguk. Bentuk perhatian mereka itu berarti buat saya dan akan saya ingat sampai kapanpun. Love u both ❤

Ada banyak sebenarnya orang yang ingin saya ucapkan terima kasih, dari mulai A Blek yang sangat baik dan selalu memberi energi positif buat saya dan mungkin buat semua orang-orang di Atap. Lalu ada juga mang Iyo, mang Ade, duo PS yang sempat membuat sata starstruck karena memang saya penikmat karya PS (ditunggu izinnya biar buku saya cepet rilis hahaha). Lalu ada juga pak Rino, Kutuk, Kutil, Kicel yang banyak bantu saya pas lagi bertugas di event off air/lapangan. Sorry banyak salah dan skip nya karena ngga biasa kerja di lapangan yang sat set sat set, hahaha. Ada juga Sigit yang saya respect betul sebagai 'senior' di Atap karena bisa jadi sosok teman yang baik, dan kalau pengen cerita agak deep biasanya dia selalu jadi pilihan hahaha. 

Tiga serangkai, Yuda, Yunda, Rasid, yang sudah keluar duluan dari Atap. Kerja bareng kalian selalu menyenangkan. Pak Este yang sering saya teror untuk kasbon hahaha. Bu Ria yang juga sering saya teror buat kasbon juga, sama bu Deli yang belum berani saya teror buat kasbon, karena saya nya keburu resign hahaha. Tia, yang selalu bisa jadi teman menyenangkan di luar pekerjaan, karena kalau di dalam pekerjaan dia menyebalkan hahaha. Ayu dengan kekhasannya "duluaaan" setiap dia pulang. Dan menjadi satu satunya kalimat yang dia ucapkan selama di kantor hahaha. 

Ginting, yang selama dua tahun belakangan ini intens dengan saya karena terlibat beberapa program/pekerjaan bareng. Saya pernah ada di satu momen males ngantor tapi langsung keinget si Ginting dan langsung pengen ngantor karena pengen heureuy sama dia hahaha. Ini pasti getek sih mun maneh maca hahaha. Olan (inget kita hampir bikin band dengan nama GOW alias Ginting, Olan, Wenky hahaha) Ada juga Galuh si aquarian yang selalu overthinking hahaha, lalu ada juga Tulang, Jay, pak Dedi, kang Edi, Mang Boy, Muhit, pak Tomi, Aswin, Reni, banyak lah sebenernya yang banyak bantu selama saya kerja di Atap. Terima kasih untuk pelajaran dan pengalaman yang saya dapatkan selama lima tahun ini. Senang sekali rasanya bisa jadi bagian dari perusahaan ini. Walaupun bohong rasanya jika selama lima tahun ini tidak ada masalah selama saya kerja di Atap, baik itu dengan sesama rekan kerja, atasan, atau pun kebijakan perusahaan. Tapi semua konteksnya soal kerjaan karena secara personal semuanya Alhamdulillah baik-baik saja, dan semuanya menaruh catatan penting di kehidupan saya yang saya tulis di hati dan pikiran saya. 

Oh iya sama Hari, Agung, Faris, Haris, dan Rafli. Khususnya Rafli yang nanti menggantikan posisi saya di Atap, anak-anak muda ini punya energi dan etos kerja yang sangat bagus, jadi kayaknya Atap bakal baik-baik saja selama anak-anak muda ini mau mencurahkan energinya di kantor ini. 

Big Love!



Soreang, 16 Januari 2023


Tidak ada komentar:

Posting Komentar