Kamis, 08 Desember 2011

JONNY GREENWOOD


Jonny greenwood ini adalah seorang gitaris dari band kebanggan saya dan dunia, bernama ‘Radiohead’. Sosok gitaris yang saya kagumi selain kurt cobain (Nirvana). Dia menyajikan permainan gitar yang ‘out of the book’ dengan lick gitar yang melenceng dari harmonisasi yang di paradigmakan guitar heroes 80’an. Memadukan permainan gitarnya dengan berbagai bunyi synth yang suka-sukanya dia itu. Dan lengkaplah sudah persyaratan untuk menjadi seorang ‘guitar hero’ untuk saya.

Tapi walaupun begitu. Saya tidak berniat sedikitpun untuk ngulik semua permainan gitarnya di semua lagu radiohead itu. Karena apa? Karena emang ngga ke ulik dan teu kataekan, Hehe. Dan kalaupun niat banget buat belajar semua ilmu gitarnya, saya takutnya malah jadi jonny wannabe. Hal ini berdasar kepada pengalaman saya sebelumnya yang sangat mengidolakan Kurt cobain sebagai guitar hero saya. Dan itu berimbas kurang bagus untuk saya dan cara saya main gitar. Karena sampai saat ini bayang-bayang cobain itu selalu ada dalam setiap gaya saya bermain gitar. Lick gitar saya yang terus saja di hantui permainan gitar cobain, dan untuk melepaskannya itu susah.

Jadi jadi jadi. Saya mengagumi jonny sebagai seseorang yang enak di dengar dan di tonton dalam setiap aksinya bermain gitar saja. Selebihnya yang ingin saya lakukan dalam pentasbihan saya sebagai gitaris terbaik dunia (dunia fantasi impian jaya ancol) adalah dengan menangkap suasana hati yang coba saya aplikasikan ke dalam chord dan beberapa lick melodi gitar yang suka-sukanya saya. Dan semoga saja lepas dari bayang-bayang kurt cobain dan jonny greenwood itu tadi. Dan justru lebih baik dari mereka hehe.
Tapi ga mungkin juga sih. Bagaimana mungkin seorang hamba bisa menyaingi tuhannya (Jonny Greenwood).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar