Senin, 02 April 2012

STRAWBERRY FIELD

Awal februari 2012 teman saya Eko menghubungi saya lewat telpon, dia ngajakin saya atau lebih tepatnya band saya untuk main di sebuah café. Begini kurang lebih bunyi percakapannya :

Eko : wenk ente aya band kan?
Saya : ah geus mati suri band-na ge ko. Kunaon kitu?
Eko : band urang aya nu nawaran maen di café kitu wenk, tapi band urangna teu bisa. Jadi dek di oper we ka ente. Kumaha bisa teu?
Saya : nya ke we atuh, urang dek nyieun band dadakan heula. Aya da tatangga urang nu bisa nyanyi. Ke isuk urang ka imah ente nya.
Eko : nya sip atuh ai kitu mah.

Tuuuuuuuuuuuut (telpon di tutup)

Besoknya saya pun ke rumah eko buat mastiin maen itu

Saya : kumaha geus fix eta teh ko?
Eko : nggeus, tadi ge jelemana nanyakeun. Naon ngaran band ente teh wenk?
Saya : teuing da can di ngaranan, kumaha ente we dek dingaranan naon we ge, bebas.
Eko : geus we ieu atuh nya, hhmmm portofolio.
Saya : nya sok we lah, bebas.

Dan malemnya sesuai dengan jadwal yang di tetapkan oleh pihak café itu. Akhirnya kita maen disana dengan membawa nama portofolio. Kita maen bawain lagu2 pop yang sudah banyak orang denger. Hampir 20 lagu lah ketika kita maen disana itu. Lagunya pun ada yang ngedadak ngulik di tempat, lupa chord gitar-nya, lupa lirik lagunya, ya macem2 lah, namanya juga band dadakan

Oh iya saya lupa mengenalkan para personilnya. Ada saya Angga A.k.a wenky (bass), Egi A.k.a adik saya sendiri (drum/percussion), Ujo A.k.a ujang rohendi A.k.a hendi (gitar), dan Dina A.k.a udin A.k.a dadang (vocal) hehe.

Nah beres acara itu. Saudara saya ada yang nawarin lagi buat perform di acaranya. Cuma kali ini buat tayangan TV gitu lah. Saya juga bingung kenapa ini band baru bikin udah ada aja yang nawarain maen. Padahal dulu tiap kali bikin band, yang namanya perform itu jaraaang bgt, kebanyakan mah latihan, ngejek band orang, latihan, ngejek band orang, dan latihan. Tapi ada satu syaratnya buat di acara tv itu. Kita harus punya lagu sendiri, dan ngirim hasil demo lagu yang udah di rekam. Di rekam? Whaaat? Ini band baru seminggu loh, maen rekaman aja. Namun karena kehebatan spiderman yang bisa mengalahkan Superman dan karena kehebatan sonic youth yang bisa mengalahkan smash, akhirnya kita bisa juga merampungkan rekaman kita. Lagunya sendiri materi lama sih, saya bikin ketika saya baru lulus SMA, dan itu berarti sekitar 5 tahun yang lalu lah kalo ga salah.

Latihan beres, rekaman beres. Berarti saatnya muncul di TV itu. Cieee wenky cieeee. Dan mengudaralah kita di TV tersebut mambawakan lagu hasil rekaman tadi. Namun tidak dengan nama portofolio bikinan si Eko itu. Kita sepakat atau hhmm sepakat tidak sepakat lah menamakan band kita itu Strawberry field. Alasan memilih nama itu sih kata Egi yang bikin namanya, biar kedengerannya fresh aja gitu. Ya ga tau juga sih, terserah si Egi we. Yu mariii.

Beberapa minggu kemudian ada lagi yang nawarin kita buat perform di tv. Tuh aneh kan ya? Eh aneh ga sih? Klo kata saya sih aneh. Band baru sebulan, udah ada aja yang nawarin maen. Berarti ini pertanda.!!!! Eh bentar bentar, ceritanya nganjlok. Harusnya dari pas perform itu ga langsung ke acara tv lainnya tapi bikin video klip dulu.

Video klip? Iya video klip. Jadi ceritanya pas kita beres perform di acara tv yang pertama, si produser acaranya tuh suka dengan lagu yang kita bawain, trus nanyain ada video klipnya ga? Klo ada minta, biar bisa di tayangin di tv tersebut. Dan berhubung belum ada, jadi ya kita bikin dulu.

Beruntunglah Dina sang vocalis kita punya teman yang baik hati dan tidak sombong yang mau membantu kita bikin video klip itu. Dengan modal sebuah handycam doang, kita memberanikan diri untuk buat klipnya secara indie dan DIY DIY gitu deh. What ga tau DIY? DIY itu do it yourself kaka. Artinya jika bisa ngelakuin sendri kenapa harus sama orang lain. Hhmm ya kurang lebih gitu lah. Sebuah spirit berkarya sebenarnya mah itu teh.

Dan syutinglah kita di…. Bentar bentar saya lupa nama lokasinya. Oh iya lembah bougenvile. Ya itu lah klo ga salah mah. Prosesnya sendiri berlangsung selama 3 hari. Harusnya sih 2 hari, tapi berhubung hari pertama itu handycam mati karena habis batre dan kita lupa bawa chargernya, ya akhirnya syuting pun ditunda jadi besoknya. Lalu.. lalu ya ceritanya beres aja video klip teh ya. Tapi sampai sekarang juga masih proses editing sih, belum beres2 banget. Mudah2an aja beres dan bisa tayang. AMIN.

Hhmm apalagi ya? Oh iya ngomongin yang perform di TV lainnya itu, kita ternyata ga tampil live, melainkan taping buat di tayangin hari… hari..? hari apa ya? Waduh saya lupa nanya. Ntar deh di tanyain. Skip ya>>>

Oh iya sekarang kita bahas si personilnya itu sendiri. Mulai dari Ujo sang gitaris. Jadi si Ujo ini adalah sebenarnya seorang additional gitaris di band saya sebelumnya ‘Elsi likes tree’. Saya sendiri kenal dia udah lama banget, dari jaman saya SD. Dia itu teman sekolahnya adik saya, dan waktu sd dia sering banget main ke rumah, jadi saya kenal. Nah yang bikin aneh, pas sd sih dia ga bisa maen gitar. Tapi setelah beberapa tahun kemudian. Saya ga tau kapan persisnya, tiba-tiba dia jadi seorang gitaris handal se komplek cincin permata indah tea. Saya ga tau gimana proses dia belajar maen gitar. Yang jelas permainan gitarnya canggih lah, banyak maen di blues, rock n roll, dan agak ngejazz dikit.

Lalu ada Egi (Drum) si adiku tea. Dia adalah adik sekaligus Drumer saya di band sebelumnya Elsi likes tree itu. Keinginan dia sih sebenernya jadi drummer punk paling handal di soreang dan sekitarnya, namun apa daya dia selalu saja terjebak dalam sebuah band bikinan saya mulu yang sama sekali tidak ada unsur punk-nya, walaupun saya sendiri sangat menyukai punk sama kaya dia. Karena ya kita tumbuh gede bareng dan dari dulu kita emang banyak dengerin band punk, jadi otomatis pasti suka dengan punk. Tapi lepas SMA keinginan saya buat bikin punk pudar sudah, karena apa? karena terlalu banyak band punk disini, hhmmm pop punk lah lebih tepatnya. jadi ya cukup maen aman saja di pop jazz dan swedishpop. Termasuk egi yang akhirnya saya jerumuskan di jalur pop jazz dan swedishpop. hehe

Dina (vocal). Nah ini sih saya kenalnya baru2 sekarang aja. Walaupun rumah kita sebenarnya deket banget, Cuma jarak satu rumah doang. Tapi ya saya ga pernah ngobrol ma dia. Maklum sebagai seorang yang anti sosial, saya jarang keluar rumah. Alasan memilih Dina sebagai vocalispun atas rekomendasi dari ujo yang bilang kalo suaranya bagus. Dan ya bolehlah plus mukanya juga lucu. Cieee dinaa di puji. Jarang-jarng loh saya muji orang :p.

Terakhir ada saya si Angga A.k.a wenky (Bass) . Yang… yang apa ya? Ah udahlah ga usah di bahas. Kalo mau Tanya mah follow aja twitter saya @wenkywiradi.

Sekian.


follow twitter @strawfieldmusic
facebook : Strawberry field

3 komentar: