Selasa, 29 Agustus 2023

CATATAN KECIL UNTUK BANG JON KASTELLA

Beberapa jam lalu sebelum tulisan ini akhirnya saya publish di blog, saya melihat unggahan video story instagram band Elkarmoya menampilkan bang Jon Kastela sedang jamming bermain drum. Satu hari sebelumnya, terlihat juga banyak yang mengunggah video-video bang Jon sedang bernyanyi sembari bermain gitar. Pemandangannya selalu sama. Bang Jon selalu menikmati setiap kali dia bermain musik dan bernyanyi.

Kilas balik pada pertemuan saya untuk pertama kalinya dengan Bang Jon, ketika Syarikat Idola Remaja menjadi tamu untuk program DCDC Musik Kita di GTV. Disana saya melihat pemandangan yang juga selalu sama, di mana bang Jon selalu saja tersenyum, hangat, dan sangat menikmati setiap kali dia bermain musik dan bernyanyi. Selesai SIR perform, untuk kebutuhan konten instagram DCDC, saya dan tim dari DCDC meminta bang Jon meng- impersonate beberapa penyanyi yang dia suka. Dengan senang hati beliau bersedia melakukannya. Lagi-lagi, terlihat jika bang Jon menikmati setiap momen yang dia habiskan bersama gitarnya, baik itu di atas panggung, di belakang panggung, di lokasi syuting, di depan kostan, di gang, di halaman belakang kampus, atau di mana pun tempatnya, selama gitarnya masih bisa berbunyi, dia dengan senang hati bernyanyi.

Saya sudah sering melihat ada banyak musisi yang melakukan segala cara untuk mewujudkan mimpinya agar menjadi terkenal, kaya raya, atau berada di puncak karir. Tapi saya melihat bang Jon tidak berkutat dengan urusan ‘mewujudkan mimpi’, karena beliau menjalani hari dengan 'menghidupi mimpinya'. Tidak banyak musisi yang hidup dengan musiknya. Beberapa ada yang menjadikan musik hanya sebagai cara dia mendapat penghasilan atau kendaraan menuju puncak popularitas. Mungkin dengan kekhasan senyumnya bang Jon akan bilang kalau ketenaran dan kekayaan hanya efek samping dari yang musik berikan. Tentunya dia lebih ingin mendapatkan efek utama dari musik itu sendiri, yakni kehidupan.

Musik membuatnya lebih hidup, hingga akhirnya cahaya itu dia tularkan pada siapapun penikmat karyanya. Bang Jon menghidupi karyanya sebagai timbal balik dari apa yang musik berikan padanya. Lalu kita yang menontonnya akan setuju jika bang Jon berhasil menghidupkan musiknya.

Jika perkara bermain gitar dan bernyanyi mungkin dari milyaran penduduk bumi akan ada banyak sekali yang bisa melakukannya. Namun yang bisa menghidupkan musik yang dia mainkan, saya pikir hanya yang terpilih yang bisa melakukannya. Bang Jon terpilih sebagai musisi yang selalu berhasil menghidupkan musik yang dia mainkan. Lagu yang dia nyanyikan selalu terdengar seperti cerita dan sapaan seorang teman. Hangat.

Foto diambil dari akun instagram @syarikat_idola_remaja

Selamat jalan bang Jon. Terima kasih untuk kehangatan yang diberikan selama bang Jon hidup. Terima kasih untuk karya yang selalu hidup sampai kapanpun sejak pertama kali bang Jon nyalakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar