Rabu, 27 Januari 2016

SETAHUN DI SLASHER & 133CGNDWH

Saya masih ingat, sekitar akhir januari tahun lalu, teman saya Eko nginep di rumah saya. Kita berdua ngobrol banyak hal, ngalor ngidul kesana kemari, dari mulai ngobrolin musik sampai obrolan tentang pekerjaan. Tahun lalu kita berdua masih sama-sama nganggur, atau lebih tepatnya belum punya pekerjaan tetap, tapi tetap bekerja. Eko bekerja freelance sebagai teknisi komputer, dan saya sendiri freelance sebagai penulis lepas untuk beberapa surat kabar dan webzine.

Sebelumnya, kita berdua ada dalam satu projek musik bareng temen kita Pupuh. Jadi, Pupuh yang memang udah ngeband bareng Eko dari STM ngajakin saya bantuin band mereka, buat ngisi part bass di dua lagu baru Manipulasi (band Pupuh dan Eko- red). Lagunya sendiri akan dimasukan ke dalam album perdana Manipulasi. Karena terlibat projek itu akhirnya saya cukup sering berkunjung ke rumah Pupuh di Cigondewah. Dari mulai menggarap lagu sampai latihan kita kerjain di rumah Pupuh. Albumnya sendiri alhamdulillah rampung dan bisa dirilis juga pada akhirnya.

Disela-sela waktu latihan dan menggarap lagu bareng di rumah Pupuh, saya sering memperhatikan keadaan disekitar rumah Pupuh, sampai pada akhirnya rumah itu disulap jadi sebuah perusahaan clothing line bernama Slasher, dan sebuah public space bernama 133CGNDWH. Ga tau kenapa saya terdorong untuk bertanya sama Eko, soal kemungkinan bisa ngga nya saya kerja di perusahaan yang dibuat Pupuh itu. 

Padahal sebelumnya saya tidak pernah kepikiran untuk punya kerjaan tetap. Tapi kemudian saya berpikir jika kerjaan sebagai penulis lepas itu sendiri sebenarnya cukup menyenangkan, namun sayangnya tidak selalu bisa dijadikan pegangan. Mungkin hal ini terdorong oleh rencana saya nikah di tahun 2016 (yaitu tahun ini). Jadi ya saya pikir saya mesti punya satu kerjaan tetap (dalam artian punya gaji yang rutin/pasti tiap bulannya), yang memang bisa saya jadikan pegangan untuk bekal saya nanti nikah, dan (ehm) berumah tangga.  

Lebih kurang jarak sebulan dari obrolan ngalor ngidul sama Eko malam itu, saya memberanikan diri untuk nanyain ini langsung sama Pupuh. Waktu itu Pupuh belum mengiyakan bisa ngga nya saya kerja di Slasher, hanya lucunya Pupuh memberi satu syarat jika saya ingin kerja disana saya harus memberinya CD FSTVLST sebagai -istilahnya- “sogokan” agar dia mau nerima saya kerja disana. 2-3 hari setelah itu Pupuh ngasih kabar agar saya menemui temannya yang bernama Ferry soal pekerjaan itu. Lalu saya pergi ke rumah Pupuh, ngobrol sama Ferry, dan alhamdulillah saya diterima kerja disitu. Lucunya, CD FSTVLST itu baru saya kasih ke pupuh setelah saya kerja 3 bulan disana. Hehe

Cerita pun dimulai. Ekspektasi awal saya berpikir kerja disana buat jaga toko, atau yang ada hubungannya sama pakaian (karena perusahaannya sendiri merupakan perusahaan yang menjual pakaian). Tapi ternyata saya bekerja sebagai content writer di web slasher itu sendiri. Satu hal yang membuat saya berpikir kalo rejeki saya ga bisa jauh-jauh dari nulis. Lucu namun sekaligus saya syukuri. Hehe

Bisa dibilang kerja disana mendekati gambaran ideal saya tentang konsep pekerjaan itu sendiri, dan yang paling saya suka atmosfirnya positif. Teman-teman yang bekerja disana menariknya tidak bisa diam, yang karena itulah atmosfir di kantor juga jadi positif, dan “memaksa” saya untuk kreatif. Kita mengerjakan suatu proses kreatif dalam rangka membangun perusahaan ini agar berkembang, dan pada proses kreatif-nya itu sendiri menyenangkan untuk saya. Dari mulai nyiapin content tulisan buat web, bikin zine, bikin gigs, pameran, sampai pernah suatu hari saking ga bisa diemnya kita disana, kita membuat acara karaoke lagu anak-anak 90an.

Singkatnya, bekerja disana itu hiburan buat saya. Jadi ketika orang-orang stress karena pekerjaannya, lalu kemudian mencari hiburan di akhir pekan (yang sayangnya pas akhir pekan kejebak macet, dan kembali stress), sedangkan saya mendapatkan hiburan dalam pekerjaan saya setiap harinya. Jadi gausah nyari hiburan lagi pas weekend, karena setiap hari saya bekerja sudah jadi hiburan buat saya. Sampai pada titik itu saya merasa menjadi orang yang beruntung karena saya punya segalanya. Keluarga yang harmonis, teman-teman yang menyenangkan, pasangan yang baik, dan saya makin yakin kalo sudah waktunya saya berumah tangga, mempunyai anak, dan lengkap sudah semuanya. Tapi...

Tapi bener kata Ben Harper pas dia berujar “when you have everything, you have everything to lose”. Siklus itu berputar lumayan cepat dan saya kaget dengan perputaran itu, karena saya belum menyiapkan kemungkinan terburuknya, ketika saya mulai berani berekspektasi. Lebih kurang setahun saya bekerja di Slasher, akhirnya perusahaan ini harus tutup karena satu dan lain hal. Tidak hanya itu, karena ditahun yang sama saya juga harus menerima kenyataan kalo saya juga harus berpisah dengan pasangan saya. Sialan emang si Ben dengan quotes nya. Kok ya bisa pas gitu. Rasanya kaya ditinju Mike Tyson, trus udah gitu di smack down The Rock, udah gitu ditabrak Valentino Rossi. Ini sih bukan udah jatuh tertimpa tangga lagi, tapi udah jatuh tertimpa bangunannya. 

Lucu sih, atau lebih tepatnya dianggap lucu saja. Soalnya kalo dianggap sedih nanti saya ga jalan-jalan. Kalo kata Pure Saturday mah “time for a change time to move on” lah. Untungnya hidup saya itu yang ngatur Tuhan, bukan Jim Carey. Kalo yang ngatur Jim Carey pasti dia kewalahan kaya di film nya Bruce Almighty. Kalo mikirin ini saya jadi inget omongan si teteh-teteh di pom bensin “dimulai dari nol ya”. Saya sekarang kaya gitu. Semuanya dimulai dari nol lagi. Dari nol kembali ke nol, dari tiada kembali ke tiada. Duniawi lah ya. Ilusi lah semuanya juga. Hastag eeaaa.  

Saya nulis postingan ini di lantai dua kantor saya, dan ini akan menjadi hari terakhir saya kerja disini, setelah teman-teman saya lebih dulu keluar dari perusahaan ini. Saya menjadi orang yang terakhir gabung di perusahaan ini, dan juga menjadi orang terakhir yang keluar dari perusahaan ini.  

Jadi?  Jadi inimah biasa lah. Tiap orang juga mengalami hal ini. Kehilangan apa yang mereka cintai. Hanya bedanya, tidak semua orang menuliskannya, sedangkan saya menulisnya. Mau gimana lagi, nulis itu terapi buat saya agar pikiran saya tetap waras.

Ya gitu aja paling, curhat ngalor ngidul ini. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya yang diharapkan bisa lebih menyenangkan dari postingan ini. 

Graciaz brigh. 

Cigondewah 133, Rabu 27 Januari 2016

Sedikit foto-foto kegiatan di Slasher dan 133CGNDWH

 
 Slasher Store

Tugu Cigondewah

Sesi foto  Morning Slash

Proses pembuatan Morning Slash Zine

taman 133CGNDWH

Halaman belakang 133CGNDWH [Saung sabur]

 
Diskusi skena dan pengarsipan

 
Invasi Barbars

 
 
Agustusan dan Pameran Kandang Koboy

Buka bareng kuasai nefsong

 
Ripstore X Slasher

Parahyena
  
The Quarry Boy

Ruang kerja

Foto-foto dibuang sayang. Diambil dari instagram @studmata
proses pembuatan Morning Slash Zine (astagfirullah aurat)

Promo Slasher

Ciee ndaei si sk8er boi

 
Proses pembuatan Asep Cobain di acara diskusi skena dan pengarsipan

 
taman belakang 133CGNDWH

Bonus "Mang Bule"


Link video-video kegiatan di slasher & 133 CGNDWH klik disini dan disini

1 komentar:

  1. kalo menulis adalah terapi

    maka membaca ada penyakit!..hahaha
    tulisan ini semacam air mata yang jatuh jadi kata-kata,,nakumahaemangna...yagitulah,,
    jauh dilubukhati yang paling pikasebeleun..
    Setiap ide adalah Bayi, dan beruntung Bayi ini sudah satu tahun,,dan sempat merangkat..sebelum kena demam dan telat sadar imunisasi..
    seperti apa sih bayi..yang seperti yang kamu ketahui..bermain, menangis, minta makan, mencoba hal baru, menemukan apapun yang diluar dirinya sebagai keajaiban dunia..begitulah slasher lahir dari gagasannya lalu menjadi bayi dan diurus oleh orang tua asuh preman..hahaha,,
    dan intinya sih dibeginiin ajalah,,

    dan bubarnya adalah bubar jalan!!..bubar lalu jalan,, berkembang menjadi persona masing-masing..

    Zol.. Torozol

    BalasHapus