Minggu, 23 Desember 2012

HOREY I’M STILL ALIVE IN 2012

Langsung saja ya…

Tulisan ini dibuat tanggal 22-12-2012, tepat sehari setelah tanggal 21-12-2012, atau tepat sepuluh hari setelah 12-12-2012 yang katanya diramalkan akan kiamat itu. Dan tentu saja ramalan itu salah karena di tanggal ini saya masih bisa menulis ini. Menulis sebuah rangkuman apa yang terjadi di tahun 2012 ini. Entahlah apa ini terlalu dini atau tidak untuk menuliskan rangkuman kaleidoskop di tahun 2012 ini, apa saja yang saya lakukan di tahun ini, dan hal menarik yang bisa saya bagi disini.

Mengawali tahun ini dengan tergabung di sebuah band lokal favorite saya ‘Tamankota’ dan manggung bareng mereka di Jogja. Ada dua yang menarik ; pertama saya diberi kesempatan untuk bisa tergabung dengan Tamankota, kedua karena saya bisa manggung di Jogja. Kenapa menarik? karena Tamankota sendiri adalah merupakan band lokal yang memang sudah saya kagumi dari dulu, dan di tahun ini saya diberi kesempatan untuk ada menjadi bagian dari band itu. Tentu itu sebuah kehormatan buat saya, ketika dulu mengaguminya dan di tahun ini saya menjadi salah satu personilnya. Dan tentang Jogja, Jogja merupakan kota favorite saya, karena menurut saya selain Bali, Jogja merupakan kota yang sangat kental atau sangat terasa atmosfir/unsur seni nya. Bisa manggung disana dan merasakan atmosfir skena musik indie disana tentu merupakan kesenangan tersendiri buat saya.

Dilanjutkan dengan bulan berikutnya sekitar bulan februari atau maret ya? lupa tepatnya kapan. Karena seringnya nulis di blog ini, saya mendapat kesempatan untuk bisa jadi kontributor webzine lokal paling ‘hipe’ di bandung bernama ‘Gigsplay’. Jadi semacam jurnalis gitu lah, saya jadi reporter, meng-interview orang/artis, menulis artikel, menulis review, dan hal keren lainnya sampai saya di titik harus berada di belakang panggung dan mewawancarai band ‘God Bless’. Sebelumnya saya tidak pernah terpikir untuk bisa jadi seorang ‘jurnalis wannabe’ semacam ini, walaupun dulu saya memang sempat beberapa kali menulis artikel untuk webzine/zine lokal lainnya seperti MusicBandung, Majalah cobra, dan Marcin magazine, tapi tidak pernah turun secara langsung untuk meliput dan wawancara artis-nya langsung. Ada keasikan sendiri memang ketika saya menjadi seorang ‘jurnalis wannabe’ seperti ini. Ya intinya saya suka nulis sih, jadi apapun bentuknya, mau itu menulis untuk webzine, untuk blog, lirik lagu, atau bahkan untuk buku, saya sih seneng-seneng aja…. nah berbicara soal buku…

Berbicara soal buku. Di tahun 2012 ini juga merupakan pencapaian tertinggi buat saya dalam hal tulis menulis, karena di tahun ini akhirnya saya merampungkan buku pertama saya yang berjudul RUBIK. Sebuah kumpulan tulisan saya yang sudah lama saya tabung untuk akhirnya dijadikan sebuah buku. Bukunya simple aja sih, ga rumit-rumit amat. Saya cuma bercerita.... hhmm atau apa ya? tepatnya meracau aja sih, ya berceloteh aja gituu lewat tulisan yang kemudian di buku-kan. Isinya sendiri beragam, dari mulai curhat colongan, berbagai analogi suka suka dari saya, sampai cerita fiksi fantasi yang saya karang-karang sendiri.

Dan dari buku itulah saya mendapat lumayan banyak relasi yang mempunyai ketertarikan yang sama dalam hal tulis menulis. Responnya juga lumayan bagus, banyak masukan positif yang datang untuk saya agar terus semangat berkarya. Seneng sih ketika Karya yang kita buat direspon positif oleh banyak orang. Lepas dari si karya-nya itu menghasilkan materi atau tidak, toh pada akhirnya ketika karya itu disukai orang sebenernya sudah cukup buat saya. Namun untungnya, selain respon yang positif dari pembaca, buku ini juga berimbas materi untuk saya, hehe.

Ada semacam perasaan geli campur haru gitu ketika apa yang saya buat (baca : buku) bisa disukai orang dan anehnya dibeli orang, kok mau sih ngeluarin duit sebanyak 40 ribu perak buat buku saya? hahaha. Anyway terima kasih sekali untuk siapapun yang udah support saya lewat buku RUBIK saya ini. Sampai akhirnya berkat buku RUBIK ini saya mendapat jodoh, aw aw. hahaha. Ya penantian selama bertahun-tahun menjomblo akhirnya terbayar sudah di tahun ini :p

Bagaimana ya menuliskan awalannya tentang urusan jodoh-jodohan ini. Jadi gini lah, saya suka nulis dia juga suka nulis, saya suka musik dia juga suka musik. kesimpulannya kami nyambung trus deket terus ya gitu deh. Kenapa berkat buku RUBIK? karena lewat buku inilah awal mula kedekatan kami dimulai. Dari mulai sharing tentang buku ini, lalu saya minta kritiknya terhadap buku ini, sampai akhirnya obrolan jadi ngalor ngidul membicarakan apapun yang akhirnya saya sadari, “eh ini kok ada yang beda?” pikir saya waktu itu. Deket tambah deket dan kedekatan itu jadi semakin deket sampai dekeeeet banget. lalu… ah udah ah ga akan dibahas panjang lebar. (halooo panda :) )

Di tahun 2012 ini kalaupun ada satu peristiwa yang kurang meng-enakan adalah ketika waktu itu rumah saya kebanjiran hingga air mencapai 2 meter lebih dalam rumah. Ngomongin sedih ya pasti sedih. Kesedihan ini ditandai dengan rusaknya rumah kami, barang-barang kenangan yang beberapa tidak terselamatkan terbawa banjir atau kondisinya rusak, dari mulai foto wisuda kebanggaan (alm) papa saya yang selalu di banggakan kepada saya yang males kuliah ini, beberapa koleksi kaset papa yang terbawa arus, sampai lemari pakaian saya yang menyimpan banyak kertas ulangan saya waktu jaman saya masih duduk di bangku smp/sma dengan nilai ulangan yang kesemuanya jelek. Semuanya hilang terbawa arus sejalan dengan kenangan yang terbawa olehnya, oleh waktu, oleh banyak hal sampai dimana kami ada di titik ini, memulai semuanya dari awal lagi setelah kejadian banjir itu.

Sedikit poto kejadian banjir ketika itu. lihat disini

Tapi tapi tapi… Judul diatas “HOREY I’M STIL ALIVE IN 2012” ini menunjukan betapa saya bersyukur masih diberi kesempatan oleh ‘BOS’ saya sang pemilik diri saya untuk masih bisa menjalani hidup ini, untuk masih bisa belajar tentang banyak hal, menyerap makna apa saja yang bisa saya ambil untuk hidup saya. Lepas dari ke-identikan atau apa ya istilahnya tentang gosip hari kiamat di tahun ini, saya sih nganggepnya sebagai pengingat aja jika dunia ini lambat laun pasti hancur dan hari akhir itu pasti pada akhirnya akan datang juga, tapi ga tau kapan. Dan sebenarnya males juga ngomongin begituan mengingat masih banyak bekal yang harus saya kumpulkan, masih banyak keinginan yang belum saya wujudkan, dan kesempatan akan hidup yang saya jalani ini sebaiknya tidak saya sia-siakan. Saya suka nulis, saya suka main musik, dan dengan hal itu saya ingin membuat sesuatu, atau tepatnya terus berbuat sesuatu. Menularkan semangat berkarya, berbuat sesuatu yang positif dan banyak hal lainnya. Semoga senantiasa diberi kemudahan dalam setiap penerapannya. AMIN

Oh iya berhubung di tanggal ini juga bertepatan dengan hari ibu, maka saya ingin mengucapkan selamat hari ibu untuk ibu saya dan ibu-ibu di seluruh dunia lainnya dimanapun kalian berada. Kalian tau kami tidak bisa apa-apa tanpa kalian, cinta dan kasih sayang tulus kalian terlalu besar untuk bisa kami balas. Terima kasih tiada tara tak terhingga hingga mengudara bersemayam bersama mega dengan megahnya memuja arti dari betapa peranmu sangat berpengaruh dalam membentuk diri kami menjadi kami yang sekarang. With Love : I LOVE YOU MOM.

Terakhir terima kasih untuk semua yang telah terlewati. Terima kasih 2012. Tulisan ini sekaligus menutup rangkaian tulisan di blog ini di sepanjang tahun 2012.

Ini iseng aja sih, rangkuman dari apa yang udah saya hasilkan di tahun 2012, silahkan dilihat jika berminat ( janggal ga sih bahasnya :p) hhe

GRACIAZ BRIGH

Tulisan :

GIGSPLAY
7 intro gitar paling berpengaruh di dekade 90an
Bedroom music (produksi musik dari dalam kamar)
Symphonesia wonders within Indonesia ( Interview God Bless)
Galaxxy SMA 20

MUSICBANDUNG
Label rekaman, masihkah jadi pegangan?
Menangkap makna yang menghardik dari lagu koil

Rangkaian menulis #LearnToPop Jakartabeat.net
Memoaria Base Jam

BELIA PIKIRAN RAKYAT (rubrik insight)
2 + 2 = 5

RUBIK (buku)

Gigs :

TAMANKOTA
Summer is over ( Common people jogja)
From Moods Vol 1
JAMS 9th ( Universitas Indonesia)
Pameran lukisan ‘HAKAN TAH!’
Europe is our playground
3rd Anniversary noots jeans

STRAWBERRY FIELD
8eateuy STV Bandung
Pensi SMP 1 Margahayu

W.E.N.K.Y
8eateuy STV Bandung
Universitas Langlangbuana ( lupa nama acaranya)

Recording :
Bila Saatnya (Strawberry field)
Brand new day (Strawberry field)
LG ( W.E.N.K.Y )
Naturalis Skeptis (W.E.N.K.Y)

List lagu  tahun 2012

3 komentar:

  1. 2012 memang penuh kejutan ya. Senang membaca ini :)

    BalasHapus
  2. tadi ngintip ke nulisbuku.com.. dapat link ke blog ini.. salam kenal :) selamat buat RUBIKnya..

    BalasHapus